Sosialisasi Program Fairventures Worldwide di Kabupaten Gunung Mas

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 03 Desember 2021 14:53, Dibaca 34 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gunung Mas melaksanakan sosialisasi program Fairventures Worldwide di Kabupaten Gunung Mas.

“Hutan merupakan aset masa depan suatu bangsa, terlebih bagi generasi yang akan datang, di samping keanekaragaman hayati, hutan juga menyimpan sumber daya energi yang menjadi modal kegiatan produksi,” ucap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat menyampaikan sambutannya, di Aula Hotel Zefanya, Jumat (3/12/2021).

(Baca Juga : Buka Turnamen Futsal PWI Cup 2022, Bupati Lamandau : PWI Merupakan Mitra Strategis Pemerintah Daerah)

Dia mengatakan, sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan sebagai energi maupun sumber daya perekonomian masyarakat. “Kita menyadari bahwa orientasi manusia dengan alam cenderung mengedepankan aspek ekologi, ini membuat kegiatan eksploitasi selalu menyadari tren kenaikan. Kadang-kadang ada anggapan bahwa kerusakan alam (hutan, sungai, laut) merupakan harga yang harus dibayar dari sebuah pembangunan,” ujarnya.

"Di sinilah peran penting kita semua seluruh stakeholder pembangunan di tingkat pusat dan daerah untuk duduk bersama merumuskan dan merencanakan bagaimana kita menanggulangi dan merehabilitasi (khususnya hutan) lahan-lahan kritis secara berkelanjutan, antara lain dengan mendorong pengembangan mata pencaharian yang berkelanjutan. Untuk itu, kami menyambut baik kegiatan hari ini yang mengambil tema Sosialisasi Program Fairventures Worldwide di Kabupaten Gunung Mas, dimana Fairventures Worldwide Indonesia sebagai pemrakarsa kegiatan ini sebagai salah satu stakeholder pembangunan yang ingin berkontribusi dalam upaya restorasi lahan-lahan yang terdegradasi melalui mata pencaharian yang berkelanjutan," sambungnya.

“Saya berharap kita semua dapat berbagi informasi sebanyak mungkin dari narasumber. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mempunyai 3 konsep pembangunan Smart Tourism dan Smart Human Resources yang dalam pelaksanaannya haruslah menerapkan cara-cara yang berwawasan lingkungan, terutama melalui sustainable livelihood,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gunung Mas Yantrio Aulia menyampaikan, maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan informasi dan gambaran mengenai Fairventures Worldwide serta program kerja dan kegiatan yang ditawarkan sebagai bentuk kontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya Kabupaten Gunung Mas.

“Selain itu, sebagai sarana komunikasi agar terjalin kesepahaman dan hubungan baik antara program kerja Fairventures dengan pemerintah daerah Kabupaten Gunung Mas,” terangnya.

Dia menambahkan, sosialisasi program Fairventures Worldwide bersama perangkat daerah terkait ini dilaksanakan dengan mekanisme tatap muka dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sedangkan narasumber Rayanansi (Ketua Perwakilan Fairventures Worldwide Indonesia), Destri Ayu Angela (Treeo Field Officer - Fvw), Lengkang (Manager Kakao Fvw), dan Agustinus Herry (Manager Pengembangan Bisnis - PT. Fairventures Sosial Forestry),” tukasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto/ edt: rkh)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook