Plt. Kadis Kominfosantik Kalteng Membuka Secara Resmi Webinar Bimbingan Teknis Penyusunan Dupak dan Pengenalan Ikatan Pranata Humas

Kontribusi dari Widia Natalia, 29 November 2021 09:19, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfosantik Prov. Kalteng) Agus Siswadi membuka secara resmi Webinar Bimbingan Teknis Penyusunan Dupak dan Pengenalan Ikatan Pranata Humas. Kegiatan ini berlangsung terpusat di Gedung Smart Province (GSP) Diskominfosantik Prov. Kalteng, Senin (29/11/2021).

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Agus Siswadi menyampaikan di era keterbukaan informasi serta perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat ini, berbanding lurus dengan perubahan paradigma organisasi yang kian modern, peran Kehumasan organisasi menjadi sangat penting dan strategis. Peran strategis itu yaitu sebagai pengelola, penyedia dan pelayan informasi bagi suatu organisasi. Humas Pemerintah harus handal dan mampu menyerap aspirasi masyarakat serta mendiseminasikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kemampuan humas dalam menangkap segala hal yang berkembang ditengah masyarakat, lalu mengolahnya untuk menjadi kebijakan yang disuguhkan, pada akhirnya diharapkan mampu mewujudkan tujuan, yakni citra positif lembaga atau organsasi.

(Baca Juga : Hadiri Rakor Inflasi, Yuas Elko: Inflasi Kalteng Berada di Urutan 22, Komoditas Cabe dan Minyak Goreng Menjadi Perhatian)

Agus Siswadi mengatakan Pranata Humas masa kini harus mampu berdiri sejalan dengan enam pilar Government Public Relations yang meliputi media relations, kemampuan diseminasi informasi, pelayanan informasi publik, aktivitas juru bicara yang mampu mengontrol agenda setting media, media monitoring, dan audit persepsi publik, yang berbasis digital sesuai dengan perkembangan teknologi. Ke enam pilar tersebut menjadi kesatuan yang utuh yang harus dikuasai oleh Pranata Humas.

“Keberadaan Kehumasan Pemerintah menjadi suatu keniscayaan harus ada, karena ia merupakan gerbang informasi dan jembatan informasi bagi Pemerintah dan rakyat, serta sebaliknya”, tutur Agus.

Sebagaimana diketahui, saat ini jumlah Pranata Humas di Kalteng baru berjumlah 9 orang, meliputi 2 orang berada pada jenjang Pranata Humas Muda, 6 orang Pranata Humas Ahli Pertama dan 1 orang Humas Terampil. Jumlah tersebut tentu sangatlah sedikit dibanding jumlah organisasi dan institusi Pemerintah Daerah yang ada di Provinsi maupun yang berada di Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, Agus Siswadi memberikan apresiasi kepada Pranata Humas Pemprov Kalteng yang telah menginisiasi terselenggaranya webinar bimbingan teknis penyusunan dupak dan pengenalan ikatan Pranata Humas.

“Webinar ini bukan hanya dimaksudkan untuk pemantik bagi aparatur yang ingin berkecimpung dalam kehumasan, namun juga sangat penting bagi pranata humas yang sudah menekuni kehumasan selama ini. Diharapkan pranata humas lebih memahami peran dan fungsinya, serta bagaimana pengembangan karier kehumasan. Hal tersebut tidak terlepas dari proses bagaimana memperoleh angka kredit dari berbagai kegiatan yang relevan, selanjutnya bagaimana menyusun dan mengusulkan angka kredit tersebut untuk dapat ditetapkan”, pungkasnya.

Turut hadir di GSP Diskominfosantik Prov. Kalteng diantaranya Pranata Humas DiskominfoSantik Prov. Kalteng Ferawati, Pranata Humas Setda Prov. Kalteng Noriko Yunanto serta Sekretariat Jabatan Fungsional Tertentu Pranata Hubungan Masyarakat Prov. Kalteng. Hadir secara virtual Narasumber yakni Sub Kordinator Pengembangan Kompetensi dan Karir Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi RI Asriani Sri Wahyuni dan Ketua Bidang Keanggotaan DPP IPRAHUMAS Tiara Kharisma, Pranata Humas Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Pejabat/Aparatur yang membidangi Kehumasan pada Perangkat Daerah Provinsi dan Perangkat Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng.(wdy/foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook