Disperkimtan Provinsi Kalteng Kenalkan Aplikasi RUMI Untuk Permudah ASN Miliki Rumah

Kontribusi dari Tim Pengelola Website Disperkimtan Kalteng, 15 Oktober 2018 15:36, Dibaca 910 kali.


MMCKalteng - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Provinsi Kalimantan Tengah melalui Satuan Kerja Dekonsentrasi Sub Bidang Pembiayaan Perumahan memperkenalkan Aplikasi RUMI (Rumah Indonesia). Aplikasi RUMI adalah aplikasi pendataan mobile yang dikembangkan Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR untuk mempermudah pendataan kebutuhan rumah bagi ASN secara khusus dan MBR atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah secara umum, termasuk TNI/Polri guna mendapatkan informasi program pembiayaan perumahan. Aplikasi RUMI diperkenalkan pada acara Lokakarya Pembinaan Pendanaan dan Sistem Pembiayaan Perumahan di Hotel Luwansa Palangka Raya, pada Senin (15/10).

Pada laporannya Nindya Laras Sitoresmi, ST., MT Kepala Seksi Pembiayaan dan Pengembangan Kawasan pada Bidang Perumahan sekaligus sebagai PPK Dekon, mengatakan “untuk mendapatkan bantuan perumahan, masyarakat sipil dan ASN atau TNI/POLRI sudah tidak susah-susah ajukan proposal”. Cukup dengan cara men-download Aplikasi RUMI, kemudian mengisi data dalam format yang tersedia, meliputi data pribadi, kependudukan, status pernikahan, status pekerjaan, data rumah dan tentu saja finansial. Data yang diisi itu kemudian disimpan dan secara otomatis akan tersimpan di server Kementerian PUPR, pungkasnya menambahkan.

(Baca Juga : Disperkimtan Provinsi Kalteng Gelar Rapat Teknis Bidang Perumahan se-Kalimantan Tengah)

Data yang telah tersimpan akan dipakai dalam perencanaan dan diklasifikasikan berdasarkan wilayah. Untuk data nasional akan diambil oleh Kementerian PUPR, begitu pula dengan data dari provinsi dan kabupaten/kota, akan diberikan kepada gubernur dan bupati/wali kota, untuk perencanaan realisasinya, ujar Laras.

Aplikasi RUMI dapat diunduh di playstore melalui telepon genggam berbasis Android. Selanjutnya, pemohon mengisi format yang tertera pada aplikasi tersebut. Aplikasi yang dikembangkan oleh Klinik Rumah Indonesia ini hanya berukuran 18 MB pada update terakhirnya 17 September 2018. Versi minimum Android untuk dapat menjalankan aplikasi RUMI adalah versi 4.4 dan yang lebih tinggi. Aplikasi RUMI menyajikan 12 menu akses pada halaman utama, meliputi Program Perumahan, Data Statistik, Peraturan Perundangan hingga beberapa file multimedia yang dapat memberikan gambaran lebih jauh terkait pembiayaan rumah termasuk teknologi Risha atau Rumah Instant Sederhana Sehat yang diklaim lebih tahan pada gempa. (MIF/ Tim Dekon)

Tim Pengelola Website Disperkimtan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook