Bupati Lantik Damang Kecamatan Miri Manasa

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 23 Oktober 2021 08:21, Dibaca 22 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Berlangsung di aula kantor Kecamatan Miri Manasa, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong yang juga selaku Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Gunung Mas melantik Damang Kepala Adat wilayah Kecamatan Miri Manasa, Jumat (22/10/2021). Ia menuturkan bahwa pelantikan damang kepala adat wilayah kedamangan Miri Manasa ini merupakan langkah awal dan pijakan yang kokoh bagi damang terpilih dalam melaksanakan tugas-tugas selanjutnya sampai kurun waktu 6 tahun mendatang. 

Menurut Bupati, lembaga kedamangan adalah lembaga yang diharapkan selalu bersinergi dengan pemerintah dan lembaga terkait dalam rangka mewujudkan ketentraman dan ketertiban berbasis kearifan lokal dalam mewujudkan jati diri, harkat dan martabat masyarakat dayak melalui semboyan belum bahadat, bijak dalam mengambil keputusan-keputusan yang berhubungan dengan hukum adat istiadat yang berlaku, sehingga tercipta kedamaian dan ketentraman di lingkungan masyarakat, keluarga, pemerintah, bangsa dan negera pada umumnya.

(Baca Juga : PSBB Hari Keempat, Ben Kunjungi Pos Perbatasan)

“Saya berharap melalui pelantikan ini dapat menghasilkan sebuah hasil yang baik, dalam upaya membangun kehidupan masyarakat adat dayak, memperjuangkan hak-hak hukum adat di wilayah Kecamatan Kahayan Hulu Utara,” ujarnya.


Untuk mewujudkan hal itu maka sangat diperlukan adanya kebersamaan, kerja sama dan koordinasi yang baik antara damang kepala adat, mantir adat maupun dengan instansi terkait secara khusus dengan pemerintah daerah.

“Mari bersama untuk merapatkan barisan, bersatu padu dan bahu-membahu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, tunjukan kredibilitas dan tanggung jawab, dengan membangun kesadaran dalam satu semangat untuk membawa Kabupaten Gunung Mas yang sejahtera dan bermartabat,” tandasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook