Kualitas Mutu Pendidikan PAUD Mampu Penuhi Standar

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 11 Oktober 2021 14:21, Dibaca 106 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Setiap PAUD yang ada di Indonesia harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dan Pendidikan Non Formal (PNF) atau dengan kala lain setiap PAUD harus bisa memenuhi penjamin mutu pendidikan anak usia dini.

“Kami berharap kualitas mutu pendidikan PAUD  di Kabupaten Gunung Mas mampu memenuhi standar yang telah ditetapkan dan mampu melahirkan generasi emas,” ucap Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas Esra saat membuka kegiatan sosialisasi dan pendampingan penjamin mutu PAUD di Aula Bappedalitbang, Senin (11/10/2021).

(Baca Juga : Pemko Palangkaraya Genjot Infrastruktur dan Pelayanan Publik)

PAUD memiliki peran penting dan harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan dalam permendikbud no. 71 Tahun 2021. Menurut Esra, satuan PAUD berperan dalam melaksanakan sistem pendidikan yang terdiri atas pengorganisasian dan kebijakan dalam proses pelaksanaan penjamin mutu pendidikan.

“Sistem tersebut memiliki beberapa prinsip, yakni mandiri dan partisipasi, terstandar, integritas, sistem dan berkelanjutan, holistik, transparan dan akuntabel,” ujarnya.


Seluruh langkah dalam siklus penjamin mutu dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan dan melibatkan pemangku kepentingan.

“Kita terus berupaya menyempurnakan dan menyelesaikan setiap program dengan kondisi terkini, sehingga setiap program yang dijalankan dapat mendukung terwujudnya penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang berkualitas di Kabupaten Gunung Mas yang berjuluk Habangkalan Penyang Karuhei Tatau,” beber Esra.

“Saya berharap dengan kegiatan ini dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan, delapan standar pendidikan itu yang harus dicapai setiap lembaga pendidikan PAUD itu yang terpenting,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD juga sebagai penanggung jawab kegiatan Vina Valentina mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah menguatkan peran pemerintah daerah dalam mendampingi satuan PAUD untuk melakukan evaluasi diri dengan pemenuhan kriteria minimum penyelenggaraan layanan pendidikan, yang dilakukan melalui koordinasi dengan UPT dan BAN PAUD serta PNF. Selanjutnya, untuk mendukung terwujudnya pengisian instrumen akreditasi PPA yang dimaknai sebagai instrumen yang menilai pemunahan kriteria anak usia dini.

Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui aplikasi zoom meeting bersama para narasumber selama 2 hari yaitu mulai tanggal 11 s.d 12 oktober 2021, dengan jumlah peserta 20 orang terdiri dari kepala sekolah, operator dari lembaga negeri maupun swasta. Narasumber dalam kegiatan ini sebanyak 6 orang, masing-masing berasal dari Dinas Pendidikan, dan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas  yaitu Esra, Triozen, Deru, dan dari BAN PAUD dan BNF Prov. Kalteng hj. Atikah dan Rusmiaty. (Iswanto / Foto: Iswanto) 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook