Jelang Penilaian P2, Kobar Kembali Berbenah

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 08 Maret 2018 16:59, Dibaca 356 kali.


MMCKalteng - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini tengah melakukan pembenahan pada beberapa titik pantau penilaian Adipura, dimana kondisi pasar dan pemukiman saat ini berada pada poin yang mengkhawatirkan. Namun demikian Pemkab Kobar tetap optimis akan meraih kembali Adipura. Guna menyamakan misi, Bupati Kobar Hj Nurhidayah menggelar rapat koordinasi persiapan penilaian ke-2 (P2) Adipura tahun 2017 - 2018.

Dalam rapat tersebut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bambang Djatmiko, Ketua Relawan Bersatu HM Yusuf Ryanto dan semua stakeholder dalam penilaian tersebut. Menurut Bambang hasil penilaian P1 angka untuk Kabupaten Kobar paling tinggi se-Kalimantan Tengah, dimana Kobar meraih angka 76,67 sedangkan untuk TPA nya mencapai nilai 77,63. "Berdasarkan hasil capaian penilaian P1 masih ada beberapa nilai yang mengkhawatirkan yakni pasar, pemukiman dan perkantoran dimana ketiga titik pantau itu perlu adanya peningkatan sehingga akan mendongkrak penilaian pada P2 ini," ujar Bambang.

(Baca Juga : Sejumlah Kepala SOPD Berganti)

Sementara itu Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan bahwa hasil rapat koordinasi ini guna meningkatkan penilaian P2, oleh karena itu Pemkab Kobar akan segera melakukan pembenahan baik di pasar maupun pemukiman. Apalagi dalam penilaian P2 yang dijadwalkan pada tanggal 21 Maret sampai dengan 23 Maret 2018 nanti akan dikaitkan dengan Program Nasional Tiga Bulan Bebas Sampah. "Untuk daerah pasar akan ditata kembali dan para pedagang pun harus memiliki tempat sampah sendiri, serta akan dilakukan pembersihan sampah pada dermaga yang ada di pasar, selain juga penghijauan pun akan kita galakkan di sekitar wilayah pasar," katanya.

Untuk wilayah pemukiman sendiri tambah Bupati akan mengintruksikan kelurahan agar menggerakan kembali kegiatan jum’at bersih, selain itu Relawan Bersatu dalam rapat koordinasi telah menyatakan kesanggupannya menggerakan masyarakat untuk membersihkan lingkungan di wilayah yang saat ini masih rendah poin penilaiannya. "Kami tetap optimis Kobar akan kembali meraih penghargaan Adipura ke-12, saat ini dengan bekerjasama seluruh SOPD serta seluruh komponen masyarakat, kita akan memperbaiki poin-poin yang masih mengkhawatirkan nilainya, dengan kebersamaan maka Kobar akan berhasil meraih Adipura," tegas Bupati dengan penuh optimis. (Humas Kominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook