Ketua TP PKK : Perlunya Menjaga Ketahanan Ekonomi Keluarga Selama Pandemi

Kontribusi dari Rikah Mustika, 16 September 2021 15:03, Dibaca 226 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – TP PKK Prov. Kalteng menggelar Webinar Upaya Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah secara virtual, Kamis (16/9/2021). Bertempat di Aula Serbaguna, Istana Isen Mulang, webinar dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, didampingi Koordinator Pokja II Endang Sri Suwanto, Ketua Pokja II Anitha Nuryakin, dan Sekretaris Adiah Chandra Sari.

“Pandemi virus Covid-19 tentunya sudah membawa dampak yang sangat besar untuk kita semua, dan tentunya dampak dari pandemi ini juga menghantam lapisan masyarakat di segala sektor. Oleh karenanya, menjaga ketahanan ekonomi keluarga selama masa pandemi ini sangat diperlukan, tentunya hal ini berkaitan untuk menambah sumber pendapatan keluarga dengan mendayakan semua anggota keluarga, menciptakan inovasi dan strategi yang jeli untuk melihat berbagai macam peluang yang ada,” ucap Ivo saat membacakan sambutannya.

(Baca Juga : Rakor Finalisasi RAPBD 2018)

Industri kreatif yang selama ini dikenal dengan istilah ekonomi kreatif, merupakan salah satu konsep ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang paling utama. Ekonomi kreatif ini juga bisa menjadi salah satu solusi bagi tenaga kerja yang usianya produktif di Indonesia.

“Dan kalau dikembangkan tentunya akan mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia” imbuhnya.


Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintah, sambung Ivo, salah satu program prioritas yang dikelola oleh pokja 2, yaitu upaya pemberdayaan dan peningkatan ekonomi keluarga.

“Tim Penggerak PKK Provinsi sendiri sudah memberikan sosialisasi, pembinaan dan pelatihan dalam rangka untuk memberdayakan, mengembangkan ekonomi kreatif dan usaha kecil mikro dan menengah di Provinsi Kalimantan Tengah dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tersedia secara kreatif dan inovatif,” jelasnya.

Ivo juga mengatakan bahwa webinar kali ini sangat spesial, dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Ivo berharap ilmu yang didapat dari webinar ini bisa bermanfaat dan bisa meningkatkan pendapatan keluarga di Kalimantan Tengah.


Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, bahwa ekonomi kreatif adalah nilai tambah suatu kekayaan intelektual yang berfokus pada inovasi dan kreativitas manusia berbasis ilmu pengetahuan, warisan budaya, dan teknologi. 

"UMKM dan ekonomi kreatif ini sangat berdampingan, karena UMKM adalah 97 persen dari ekonomi kreatif, dan ekonomi kreatif bersama UMKM menciptakan 97 persen lapangan kerja," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menyebutkan, langkah pemulihan ekonomi kreatif di tengah pandemi adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia ekonomi kreatif dengan pelatihan up skilling, peningkatan usaha insentif akses permodalan, perluasan produk dan jasa, serta inovasi produk dan jasa kreatif. (Rkh / Foto: Doni)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook