Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Buka Kegiatan Rapat Koordinasi SIMURP Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 02 September 2021 14:00, Dibaca 43 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng Hj. Sunarti membuka kegiatan Rapat Koordinasi SIMURP Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021, Kamis (2/9/2021) yang dilaksanakan di Hotel Win Romeo Kabupaten Katingan. SIMURP atau Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project merupakan proyek yang bersumber dari Loan Agreement antar Pemerintah Indonesia dengan World Bank (WB) dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Pengelolaannya ada pada lintas empat Kementerian dan Lembaga yaitu Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertanian. Tujuan proyek SIMURP adalah optimalisasi dan modernisasi layanan sistem irigasi yang efektif, efisien dan berkelanjutan fokus pada kegiatan Climate Smart Agriculture (CSA) atau Pertanian Cerdas Iklim.

Hadir dalam pertemuan rapat Koordinasi SIMURP tersebut Sekretaris Dinas TPHP Prov. Kalteng Muhajirin Akbar, PPK SIMURP Alpan Samosir, Bappedalitbang Prov. Kalteng, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Prov. Kalteng, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang Kalsel, Konsultan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMI) SIMURP Kalteng, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Bappeda Kabupaten Katingan, Koordinator BPP Pegatan Kecamatan Katingan Kuala, Petugas/Pemandu TOM dan TOT. Hadir juga Pengelola SIMURP Provinsi (PPIU SIMURP), Pengelola SIMURP Kabupaten (KPIU SIMURP), Pemuda Tani Milenial, Perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT), serta Tim Monitoring SIMURP dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian RI Tri Fauziah Astarini.

(Baca Juga : Kesiapsiagaan Hadapi Karhutla Tahun 2021)


Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng dalam sambutannya mengatakan bahwa Prov. Kalteng merupakan salah satu lokasi kegiatan SIMURP yaitu pengembangan irigasi rawa, pembiayaan Bank Dunia/World Bank (WB) dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) untuk mendukung pembangunan pertanian melalui proyek SIMURP. Program strategis lainnya di Kalteng adalah pengembangan Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan proyek SIMURP bertujuan untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan pertanian dalam penyediaan pangan melalui peningkatan  produksi dan produktivitas tanaman khususnya Padi. Padi termasuk komoditas bernilai ekonomi tinggi (High Value Crop) di Prov. Kalteng, sehingga sudah pasti mendapat perhatian dari semua stake holder. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kontribusi dari aspek irigasi untuk peningkatan IP, produksi, produktivitas, dan peningkatan pendapatan serta penurunan emisi gas rumah kaca melalui pendekatan ganda yang berfokus pada revitalisasi irigasi dan efisiensi melalui modernisasi dan rehabilitasi irigasi.


Dalam kesempatan rapat koordinasi ini, Hj. Sunarti selaku Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng menyampaikan bahwa pada pertengahan Juli 2021 telah dilakukan panen di Desa Subur Indah yang merupakan salah satu Lokasi SIMURP dengan hasil ubinan produktivitasnya mencapai 5,6 ton/ha.

"Walaupun hasil ini sudah lebih tinggi dari musim panen sebelumnya, namun masih bisa kita tingkatkan apabila kita benar-benar menerapkan teknologi Climate Smart Agricultural (CSA). Berdasarkan evaluasi dan monitoring yang dilakukan oleh Pusat Penyuluhan (Pusluh) Kementan, pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran proyek SIMURP masih dibawah target yang diharapkan, oleh karena itu karena dana SIMURP ini sebagian besar memang berada di Kabupaten dan lokasi Balai Pelatihan Pertanian (BPP), untuk itu diminta perhatian pengelola SIMURP Kabupaten dibantu pengelola SIMURP Provinsi agar memacu kegiatan dan penyerapan anggaran sebagai salah satu indikator kinerja," ucapnya.

Kepala Dinas juga berharap agar rapat koordinasi SIMURP Tahun 2021 ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan keputusan yang positif sesuai dengan harapan Proyek SIMURP ini. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SIMURP Dinas TPHP Prov. Kalteng tentang Pemanfaatan Dana Fasilitasi Bantuan Operasional Pengolahan dan Pemasaran Dalam Bentuk Uang Dalam Rangka Pembinaan Kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) SIMURP pada Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan Tahun Anggaran 2021. Juga diadakan perjanjian kerja sama antara Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Katingan Kuala dengan Petani Muda SIMURP Kecamatan Katingan Kuala dengan Petani Muda SIMURP Kecamatan Katingan Kuala tentang Pengembangan Produk dan Jejaring Pasar (Market Linkage) melalui Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) SIMURP Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Katingan Kuala (TPHP/Foto:Bayu).

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook