Bupati Resmikan Pelayanan Listrik  4 Desa di Manuhing  

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 24 Agustus 2021 14:55, Dibaca 32 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi Istri Mimie Mariatie mengikuti peresmian listrik desa Bereng Jun, Fajar Harapan, Belawan Mulya, dan Bangun Sari Kecamatan Manuhing.

“Program listrik mengacu pada Undang-Undang nomor 30 tahun 2009, Peraturan Pemerintah nomor 26 tahun 2006 dan Peraturan Pemerintah nomor 10 tahun 1989 tentang penyediaan dan pemanfaatan listrik. Semua Desa berhak untuk mendapatkan fasilitas listrik sesuai dengan urutan prioritas, sehingga tidak ada Desa yang tidak tersentuh program ini,” ucap Jaya Samaya Monong ketika meresmikan listrik desa di Kecamatan Manuhing, Selasa (24/8/2021).

(Baca Juga : Peduli Covid-19, PMI Gunung Mas Lakukan Pelayanan Sosial)

Untuk diketahui, prioritas pembangunan jaringan listrik desa mempertimbangkan kemudahan akses jalan, jumlah Kepala Keluarga (KK) di sebuah desa, kemampuan teknis jaringan listrik serta ketersediaan anggaran PLN. Karena itulah program listrik desa adalah untuk berkomitmen penuh dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah. Kesejahteraan masyarakat akan meningkat, bila ekonomi tumbuh lebih cepat maka listrik tersedia dengan baik. Listrik akan tersedia dengan cukup dan baik bila ada pembangunan infrastruktur, kelestarian lahan, untuk itu tanpa kerja sama, sinergi dan bantuan dari stakeholder dalam penyediaan lahan mustahil ada pembangunan tersebut.


Adapun peresmian listrik di empat desa wilayah Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas, Jaya Samaya Monong mengatakan bahwa hal itu dibangun dari program listrik-listrik desa. Dimana merupakan upaya pembangunan jaringan listrik di pelosok desa dengan tujuan meningkatkan rasio elektrifikasi sehingga listrik pun dapat dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok desa.

Menurutnya, dengan kegiatan peresmian listrik desa pada hari ini dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dan sinergitas untuk membangun kelistrikan. Tidak hanya untuk desa yang berada di Kecamatan Manuhing, namun juga kecamatan-kecamatan lainnya di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

Sementara itu Manager UP3 Palangka Raya Erwin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak. Ia menjelaskan, untuk infrastruktur yang PLN bangun saat ini di Kecamatan Manuhing ini yaitu terdiri dari pembangunan jaringan tegangan menengah sepanjang 54,8 KMS dan pembangunan jaringan tegangan saluran udara tegangan rendah sepanjang 51,73 kilometer sirkuit.

Saat ini, PLN memberikan penerangan pelayanan listrik kepada calon pelanggan yang secara pemetaan di awal berkisar kurang lebih 675 calon pelanggan bahkan mungkin bisa lebih. “Kami mengajak seluruh bapak dan ibu, marilah kita menjaga aset PLN yang telah dibangun ini sehingga bisa memberikan asupan listrik yang terbaik kepada masyarakat pengguna listrik yang ada di Kecamatan Manuhing ini, mohon bantuan dan dukungannya,” ungkap Erwin.


Erwin menjelaskan salah satu gangguan kelistrikan yang ada di daerah adalah sentuhan pohon. "Mohon bantuan dan dukungannya kepada seluruh masyarakat mohon kesediaannya, izinnya, dan merelakannya agar PLN dapat menebang ataupun merintis pohon yang ada di sekitar jaringan PLN, karena ini untuk kenyamanan kita dalam menikmati listrik secara bersama-sama. Tentu saja dengan listrik yang handal diharapkan dapat mendukung serta mendorong perbaikan kehidupan ekonomi masyarakat dan perbaikan taraf hidup," sambungnya.

“Kami berharap dengan masuknya listrik ke empat desa di Kecamatan Manuhing tersebut dapat menarik para investor untuk lebih tertarik mengembangkan usaha dan bisnisnya di sini,” ungkapnya.

“Mari kita saling bersinergi antara PLN dengan Pemerintah Daerah dan Forkopimda, agar dapat terus terjalin sehingga kami dari PLN dapat terus Menerangi Listrik, Menerangi Negeri, bukan hanya di Kabupaten Gunung Mas saja tetapi di Provinsi Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Dede Setiawan)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook