Kardinal Tarung Dilantik Jadi Damang Jekan Raya

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 08 Agustus 2018 11:07, Dibaca 4 kali.


MMCKateng - Walikota Palangka Raya yang juga merupakan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Palangka Raya, HM Riban Satia mengukuhkan serta melantik Kardinal Tarung sebagai Damang Jekan Raya.

Pelantikan yang mengambil tempat di aula rumah jabatan Walikota Palangka Raya (7/08/2018), turut menghadiri jajaran Forkopimda serta jajaran pemerintah Kecamatan Jekan Raya. Damang adalah lembaga yang cukup strategis ditengah masyarakat kita. Diharapkan diera modernisasi lembaga ini tidak merasa tergeser atau tidak bisa berperan aktif. Namun sebaliknya tetap mengikuti era kekinian tersebut, ungkap Riban usai pelantikan.

(Baca Juga : Ini Pesan Bupati Saat Pimpin Apel Gabungan)

Ditekankan, bahwa para damang dan mantir harus menjaga wibawa adat istiadat dan lembaga keedamangan. Sekaligus juga menjaga marwah falsafah Huma Betang yang terus menggelorakan semangat isen mulang. Termasuk mampu berkoordinasi dengan unsur terkait, baik pemerintah maupun pihak lain dalam melestarikan adat istiadat.

Kedepan kata Riban, lembaga kedamangan jangan sampai meninggalkan unsur dan inti pokok adat istiadat. Selain itu, harus mampu memegang peran pentin, terutama mendorong pariwisata. Salah satunya memberikan pengetahuan dan informasi bagi masyarakat, seperti prosesi adat maupun hal lain tentang adat istiadat, ujarnya didampingi ketua harian DAD Kota Palangka Raya, Mambang Tubil.

Terkait pelantikan damang, Riban menyampaikan bahwa damang terpilih harus mampu menjadi tokoh adat dan memberikan contoh positif bagi masyarakat. Terutama dalam hal keteguhan menjaga adat istiadat maupun hal lain tentang kebudayaan.

Damang itu harus jadi tokoh adat, jadi harus bijaksana dan menjadi tauladan masyarakat dalam menjaga marwah adat terutama lembaga kedamangan, tutupnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook