Perayaan Hari Jadi ke-62 SMA Negeri 1 Palangka Raya, Momentum Evaluasi dan Inovasi Berprestasi

Kontribusi dari Rikah Mustika, 02 Agustus 2021 13:54, Dibaca 242 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Perayaan Hari Jadi ke-62 SMA Negeri 1 Palangka Raya telah dilaksanakan secara daring dan luring terbatas, Senin (2/8/2021). Hal ini dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang mewajibkan semua pihak mentaati peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pelaksanaan secara luring hanya dihadiri oleh panitia inti dan beberapa orang tamu undangan. Kegiatan luring tetap dengan mentaati prokes yang sangat ketat. Sedangkan secara daring diikuti oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Palangka Raya. Selain itu juga dihadiri para undangan, orang tua siswa dan para siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya.

(Baca Juga : Kadislutkan Prov. Kalteng Berikan Apresiasi Kepada Tim PPID Pembantu)

Mengawali sambutannya, H. Arbusin menyampaikan bahwa Perayaan Hari Jadi ke-62 SMA Negeri 1 Palangka Raya semestinya dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2021, tapi karena berbagai pertimbangan maka dilaksanakan pada hari Senin, 2 Agustus 2021.  Tema perayaan adalah Beradaptasi dengan Kondisi Pandemi Covid-19, Raih Prestasi, Ikhlas Berbagi, Berkarakter Unggul untuk Kalteng Berkah dan Indonesia Hebat.

Kegiatan yang dilakukan panitia diprioritaskan kepada kepedulian pada sesama dengan gerakan SMANSA PEDULI. Sasarannya adalah bantuan sembako kepada GTT/PTT, Panti Asuhan, para pedagang di lingkungan SMA Negeri 1 Palangka Raya dan para siswa yang mengalami musibah kebakaran. Selanjutnya menyampaikan puji dan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan anugerah-Nya kepada SMA Negeri 1 Palangka Raya yang memasuki usia ke-62, masih tetap eksis dalam menjalankan misi Pendidikan Nasional. Ini merupakan tugas dan tanggung jawab yang besar dalam menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat Kalteng, khususnya kota Palangka Raya.


“Alhamdulillah, memasuki usia yang ke-62 SMA Negeri 1 Palangka Raya masih tetap eksis dalam menjalankan misi Pendidikan Nasional. Ini sebuah anugerah Allah SWT. Saya bersama-sama tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Palangka Raya akan tetap konsisten dan penuh tanggung jawab menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya dalam mencerdaskan generasi muda yang gilang gemilang untuk Kalteng Berkah dan Indonesia Hebat,” kata Arbusin.

Berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19, Kepala Sekolah ini menyampaikan sejak Tahun Pembelajaran 2020/2021, berbagai dinamika eksternal dan internal sekolah telah mewarnai proses perkembangan dan pengokohan jati diri sekolah tercinta ini. Kondisi pandemi covid-19 yang saat ini sedang terjadi membuat proses belajar mengajar mengalami sebuah perubahan skema yang sangat drastis.

Walaupun demikian SMAN 1 Palangka Raya telah berupaya untuk bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut. Berbagai hal dan upaya sudah dilakukan pihak sekolah agar pembelajaran dan pelayanan tetap dapat dilakukan secara maksimal.

SMAN 1 Palangka Raya sudah melaksanakan pelatihan atau workshop inovasi pembelajaran bagi tenaga pendidik agar tetap dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi yang terjadi saat ini. Selain itu pihak sekolah juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana dalam rangka membantu kelancaran pembelajaran secara daring atau PJJ.


Arbusin dalam sambutannya juga menyampaikan, meskipun kegiatan proses belajar mengajar masih dalam segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19, bukan berarti prestasi tidak dapat diraih. Justru hal ini menjadi salah satu penyemangat lebih bagi para pendidik dan para siswa SMAN 1 Palangka Raya melakukan inovasi dalam memperoleh berbagai prestasi.

Hal ini dibuktikan dari perolehan berbagai prestasi di bidang akademik maupun non akademik siswa di sepanjang tahun 2020 sampai dengan saat ini. Prestasi siswa yang dimaksud diantaranya yakni meraih juara 2 pada ajang lomba Atma Jaya Accounting Competition 2020 tingkat nasional, Juara 1 Lomba peneliti Belia pada bidang Ilmu Hayati atau Biologi, Matematika, Komputer dan Fisika tingkat provinsi, Juara 1 debat Bahasa Indonesia di Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya. Selanjutnya juga sebagai juara 1 lomba orasi pada ajang Fuad Expo tingkat provinsi, juara 1 lomba Kihajar tahun 2020 tingkat provinsi. Selain itu, pada ajang KSN tingkat Kota yang baru saja selesai dilaksanakan, SMAN 1 Palangka Raya berhasil mengirimkan 12 utusan dalam 7 bidang keilmuan untuk mengikuti kegiatan KSN di tingkat provinsi Kalimantan Tengah.

“Keseluruhan dinamika, prestasi dan kinerja yang telah diraih SMA Negeri 1 Palangka Raya selama ini merupakan bentuk dan komitmen pengabdian kepada negara serta bentuk pengokohan peran SMA Negeri 1 Palangka Raya sebagai salah satu lembaga pendidikan milik pemerintah yang ada di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya ini mengajak seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Palangka Raya agar tetap menjaga hubungan silaturahmi yang baik, semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai fungsinya masing-masing. Lakukan inovasi dan kreasi dalam melaksanakan PJJ. Berikan pelayanan maksimal dan tuntas kepada peserta didik agar menjadi pribadi berprestasi dan berkarakter unggul. Jaga kesehatan dan tetap menerapkan prokes. Maju Bersama, SMANSA jaya. (Humas-Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook