Dispursip dan BKD Kalteng Gelar Webinar Internasional Program Magister dan Phd di USA

Kontribusi dari Dispursip Kalteng, 31 Juli 2021 16:48, Dibaca 86 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Mengecap pendidikan dan mendapatkan beasiswa di luar negeri merupakan dambaan banyak orang. Ini bukanlah perkara yang mudah, perlu perjuangan yang ekstra untuk dapat menempuh pendidikan di luar negeri. Namun, bukan berarti tidak bisa mendapatkan hal tersebut, diiringi dengan semangat juang pasti bisa mengantarkan untuk mewujudkan impian tersebut.

Sesuai dengan fungsi Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng yaitu melakukan pelaksanaan kerja sama dan jaringan, maka Dispursip Kalteng bersama BKD Kalteng menggelar Webinar Internasional dengan tema "Master and Phd Program in USA. Lets take a chance!". Webinar ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2021 mulai pukul 20.00 - 22.00 WIB melalui Virtual Zoom Meeting yang diikuti dari kediaman masing-masing.

(Baca Juga : Pencapaian Pemberian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng)

Adam Jasnikowski selaku Founder dan Director Euroweek Foundation mengatakan, "Webinar Internasional seperti ini sangat bagus memberikan informasi tentang belajar di luar negeri, Euroweek Foundation juga memberikan peluang untuk orang Indonesia belajar dan mengunjungi Polandia. Bergabung dalam kegiatan Internasional juga menjanjikan untuk memberikan peluang karir yang lebih luar biasa," terangnya, Sabtu (31/7/2021).

Mukromin selaku Kepala Bidang Pengolahan Data dan Pelayanan Informasi BKD Kalteng berharap semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat khususnya kemudahan bagi Pegawai Negeri Sipil Prov. Kalteng. "Kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu fungsi untuk pengembangan Badan Kepegawaian Daerah," katanya. 

Webinar yang menggandeng Indiana University ini diikuti oleh banyak partisipan dari berbagai kalangan. Partisipan terdiri dari seluruh ASN di Kalteng yang diundang oleh Dispursip Kalteng. Bukan hanya ASN, tetapi Mahasiswa serta Dosen dari beberapa Universitas yang ada di Indonesia. Narasumber kali ini bukan hanya dari Indonesia saja, namun pihak Indiana University pun menjadi pemateri. Pemateri tersebut telah menyampaikan edukasi mengenai program Magister dan Phd di USA. 

Ada 4 pemateri yang menyampaikan informasi, yakni Terry Campbell (Indiana University), Ahmad Hasbullah (Fulbrighter), Adytia Anugrah (Awardee YSEALI Academic Fellow 2018) dan Immawan Syahwila (Awardee YSEALI Academic Fellow 2019).

"Kegiatan ini salah satu upaya untuk peningkatan literasi sebagai peranan fungsi Perpustakaan berbasis inklusi sosial, sehingga tenaga Perpustakaan dituntut untuk meningkatkan profesionalisme dan belajar hal-hal baru di bidang teknologi," ucap Luqman Alhakim, Plt. Kadispursip Kalteng.

Terry Campbell selaku Clinic Professor di Indiana University menyampaikan bahwa melalui webinar Internasional ini peserta dari Indonesia dipastikan memperoleh informasi cara mendapat beasiswa atau bantuan pendidikan ke luar negeri khususnya di Indiana University Bloomington. Selain itu juga mendapatkan informasi seputar kehidupan pelajar di luar negeri, rencana tinggal di luar negeri, memperluas pandangan tentang Studi di luar negeri, memperluas relasi serta mengubah perspektif dengan lingkungan yang baru di luar negeri.

Sementara, Adytia Anugrah menjelaskan bahwa YSEALI adalah program tentang cara memahami perbedaan perspektif di lingkungan yang berbeda dan belajar tentang budaya serta partisipasi dalam kegiatan sukarelawan. Immawan Syahwali juga menambahkan bahwa YSEALI Academic Fellow Program memfokuskan kepada tiga topik utama yaitu, Civic engagement, Enviromental and Natural resources management, and Enterpreneurship and Economic Development. 

Motivasi kuliah di luar negeri pun turut diberikan oleh Ahmad Hasbullah. "Belajar di USA merupakan kesempatan yang bagus untuk meningkatkan reputasi dan karir yang lebih baik setelah lulus dari studi di luar negeri. Banyak sekali program dan lembaga yang memberikan informasi untuk beasiswa dan studi di USA," jelasnya.

Partisipan sangat antusias ingin banyak mengetahui tentang program ini. Perwakilan dari peserta webinar juga menyampaikan kesan dan pesannya tentang kegiatan tersebut. Anne Angeline dari Disbudpar Kalteng menyampaikan bahwa ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk para ASN. Sejak awal mulai bekerja, ia belum pernah mendapatkan informasi untuk melanjutkan studi Master dan Phd program ke luar negeri. Ucapan terima kasih pun ia tuturkan di akhir pesannya.

Perwakilan dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa juga menyampaikan terima kasih terhadap penyelenggara serta narasumber dan berharap agar kegiatan webinar Internasional seperti ini selalu berjalan lancar. Di akhir kegiatan seluruh pemateri dan partisipan berfoto bersama untuk mengenang kegiatan tersebut. (Mega Asri Lestari)

Dispursip Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook