Pemberian Vaksinasi dan Upaya Penerapan Protokol Kesehatan Dapat Turunkan Jumlah Pasien Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 23 Juni 2021 14:11, Dibaca 312 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dalam menghadapi masa pandemi penyakit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), masyarakat diminta tidak hanya mengandalkan salah satu intervensi kesehatan atau hanya mengandalkan vaksin saja agar terhindar dan tidak tertular virus Covid-19. Menerapkan hidup bersih, sehat serta disiplin protokol kesehatan yang ketat juga merupakan upaya yang baik.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Erlin Hardi mengatakan, “Pencegahan penularan Covid-19 dengan upaya pemberian vaksinasi yang dilakukan saat ini merupakan upaya untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Vaksinasi tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat oleh masing-masing masyarakat. Untuk itu selama belum tercapai kekebalan komunitas atau herd immunity, maka pencegahan paling efektif adalah kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang diterapkan oleh seluruh masyarakat sangatlah penting,“ ucapnya, Rabu (23/6/2021). 

(Baca Juga : MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 1 Palangka Raya Gunakan Moda Daring )

“Selanjutnya upaya edukasi dan komunikasi kepada masyarakat harus dilakukan secara seimbang antara vaksinasi dan protokol kesehatan. Langkah penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan secara tunggal, tetapi harus komprehensif dengan melibatkan protokol kesehatan yang ketat demi menekan lebih banyak jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 ini,“ sambungnya. 

“Selain penerapan protokol kesehatan dan pemberian vaksinasi secara bersamaan, upaya ini didukung pula dengan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, sehingga mereka yang sakit semakin sedikit, dan juga mendongkrak angka kesembuhan pasien Covid-19. Hal ini akan menjadi lebih maksimal jika pemberian vaksinasi dilakukan untuk mengurangi kerentanan terinfeksi, sehingga peluang penularan Covid-19 kepada orang lain dapat diminimalisir,“ tutupnya. (Hlm.23 /6/2021/DewiS /foto /Data:  PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook