Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas Panen Jagung Hibrida di Lahan Milik Kelompok Tani

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 26 Juli 2021 13:48, Dibaca 17 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dan Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing Ikuti kegiatan gelar teknologi dan panen jagung Hibrida Kerja sama Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas dengan PT. Petrokimia Kayaku Tahun 2021 di lahan milik Kelompok Tani (poktan) Sejahtera, Kecamatan Kurun, Senin (26/7/2021). Pada kegiatan itu, turut hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, BPTP Kalimantan Tengah Susilawati, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas Rody Aristo, PT. Petrokimia Kayaku Nureka Wigusepta, pelaku usaha, serta kelompok tani pengembangan jagung Hibrida di wilayah Kecamatan Mihing Raya, Kecamatan Kurun, Kecamatan Tewah, Kecamatan Rungan, Kecamatan Rungan Hulu, dan Kecamatan Manuhing.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah daerah telah menetapkan salah satu prioritas pembangunan daerah Tahun 2019-2024, melalui konsep pembangunan SMART AGRO, yang mana salah satu komoditas yang dikembangkan adalah jagung hibrida.

(Baca Juga : Seminar Internasional dan Ekspedisi Napak Tilas Damai Tumbang Anoi tidak berkaitan dengan muatan Politik)

“Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah pusat yang telah menerapkan swasembada komoditas jagung serta mendorong peningkatan Ekspor luar negeri Produk Pertanian,” kata Bupati Jaya Samaya Monong.

Jaya Samaya Monong mengatakan, "Melalui kegiatan Plot (Demplot) yang dilakukan PT. PETROKIMIA KAYAKU pada kelompok tani Sejahtera di wilayah Kecamatan Kurun ini, saya harapkan menjadi sarana pembelajaran bagi kelompok tani pengembangan jagung Hibrida lainnya dan masyarakat tani,” ujarnya.

"Tidak terasa demplot ini yang pertaniannya pada tanggal 16 April 2021 memasuki masa panen berumur 100 hari, ini gambaran pada Tanaman Demplot ini saya yakin akan peningkatan Produktivitas panen jagung di Kabupaten Gunung  Mas," ucapnya. 


“Saya mengajak kita semua kita melaksanakan tugas pembangunan kemasyarakatan, pembangunan pemberdayaan masyarakat melalui advokasi pengembangan jagung hibrida dengan pemanfaatan seluruh sumber daya yang ada dengan satu komponen pengelolaan penanaman jagung hibrida yang berorientasi Agribisnis,” kata Bupati Jaya Samaya Monong.

Ia pun mengajak seluruh kelompok tani wilayah Kabupaten Gunung lebih giat lagi dan serius berbudidaya Jagung Hibrida dengan harapan produktivitas meningkat.

"Sayur kalo bisa produktivitas mencapai lebih 6 ton jagung pipilan per hektar, sesuai gambaran produksi demplot. Saya selaku pimpinan daerah Kabupaten Gunung Mas mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT. PETROKIMIA KAYAKU selaku pimpinan atas kepedulian akan pembangunan pertanian di Kabupaten Gunung Mas,” papar Bupati.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas Rody Aristo melaporkan pada Tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Pertanian melakukan pengembangan Jagung Hibrida seluas 300 ha dengan sasaran pada 8 Kecamatan, 19 Desa, 5 Kelurahan dan 32 Kelompok Tani. Total bantuan pengembangan tanaman tahun 2021 melalui sumber pendanaan APBD II DPPA Dinas pertanian Gunung Mas sebesar Rp. 3.140.000/Ha dengan rincian oleh tanah Rp. 1.300.000,- dan penyediaan Saprodi Rp. 1.840.000.

“Kita berharap kepada pelaku usaha agar dapat bekerja sama dengan kelompok Tani dalam hal budidaya sampai pemasaran hasil panen pengembangan tanaman jagung hibrida di wilayah masing-masing di Kabupaten Gunung Mas,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto) 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook