Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Gumas Terdampak Banjir

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 17 Juli 2021 00:20, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Sejumlah wilayah di Kabupaten Gumas mulai terdampak banjir. Salah satunya adalah Kelurahan Tewah di Kecamatan Tewah yang mana beberapa kawasannya tergenang banjir. Dari pantauan di lapangan, tampak banjir menggenangi sebagian ruas jalan utama di wilayah itu.

Bahkan beberapa rumah warga juga tergenang, dan mengakibatkan sebagian masyarakat beraktivitas menggunakan perahu. Dari informasi di lapangan genangan banjir terjadi dikarenakan tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan. Akibatnya sejumlah sungai setempat sempat meluap, kendati tidak dalam skala yang besar.

(Baca Juga : Tim Perpunas Lakukan Akreditasi Perpustakaan SMAN 5 Palangka Raya)

Menyangkut itu Kepala BPBD Gumas Champili menuturkan, jajarannya mulai turun ke lapangan untuk melaksanakan pendataan. ”Memang Tewah menjadi salah satu kecamatan, yang kerap dilanda banjir di setiap tahunnya. Selain itu ada beberapa wilayah lain, yang juga masuk kategori rawan banjir untuk saat ini,” ujarnya ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (15/7/2021).


Dirinya menjelaskan 3 kecamatan lainnya yang juga mengalami dampak banjir seperti Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Manuhing Raya dan Rungan Hulu. Menindaklanjuti itu pihaknya akan langsung melaksanakan survei di lapangan serta melakukan pendataan menyangkut tinggi hingga kondisi banjir di lapangan.

“Jadi melalui itu nanti baru kita bisa tentukan statusnya, kalau untuk saat ini air masih naik terus jadi kita belum bisa menetapkan status dari kecamatan terkait,” jelasnya.

Dirinya juga mengakui dari informasi BMKG sendiri, hingga September nanti yang memperlihatkan curah hujan terus mengalami peningkatan di Kabupaten Gumas.

Maka untuk itu pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada dalam menghadapi bencana banjir tersebut. Apalagi munculnya banjir sendiri dinilai tidak menentu, yang mana terkadang muncul dalam bentuk banjir bandang maupun luapan dari sungai. (Didin / Foto: drn) 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook