Silaturahmi dan Permohonan Surat Keterangan Keberadaan Ormas Bapera ke Kesbangpol Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 28 Juni 2021 08:58, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima silaturahmi Pengurus Organisasi Masyarakat (Ormas) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Cabang Kobar, Senin (28/6/2021). Pengurus Bapera diterima langsung oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kobar, Edie Faganti di ruang kerja Kepala Badan Kesbangpol. Turut hadir dalam silaturahmi Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya Agama dan Ormas, Chrsitince, SIP dan Kabid Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Kobar, Taupikur Rahman, SE.

Edie Faganti mengatakan bahwa tujuan dari silaturahmi Ormas Bapera Cabang Kobar adalah untuk mendapatkan Surat Keterangan Keberadaan Ormas. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan dan berdasarkan Surat Kemendagri Nomor : 220/3043/Polpum tanggal 14 Agustus 2017 perihal Penerbitan Surat Keterangan Terdaftar Pasca Diundangkannya Permendagri Nomor 57 Tahun 2017, menyatakan bahwa Ormas berbadan hukum dinyatakan terdaftar setelah mendapatkan pengesahan Badan Hukum dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, sementara Ormas tidak berbadan hukum dinyatakan terdaftar setelah mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari Menteri Dalam Negeri.

(Baca Juga : Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 226 Anggota BPD di 4 Kecamatan)

“Bapera memiliki visi untuk membangun kualitas pemuda Indonesia yang berdasarkan Nilai-nilai Pancasila dan Cita-cita Proklamasi 1945, menguatkan jati diri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sedangkan misinya adalah terwujudnya pemuda Indonesia yang memiliki karakter kebangsaan yang tinggi dan memberikan kontribusi bagi kemajuan Indonesia, melakukan penguatan institusi organisasi kepemudaan yang mengedepankan kebersamaan dan solidaritas sosial dan merancang, mengelola dan mengembangkan potensi kepemimpinan pemuda dan kewirausahaan (entrepreneurship),” terang Edie.

“Ormas Bappera ini sendiri masih tergolong ormas baru, dan silaturahmi ini merupakan keinginan mereka untuk bisa menjalin kerja sama dengan Pemerintah dalam menjalankan setiap kegiatannya,” imbuhnya.

Edie Faganti berharap, ormas yang baru bisa menunjukkan eksistensinya atau kinerjanya di lingkungan masyarakat dan selalu melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah Kobar dalam setiap melaksanakan berbagai kegiatan. (badan kesbangpol kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook