Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa Dilakukan Secara Berkala

Kontribusi dari Widia Natalia, 24 Juni 2021 21:10, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Rojikinnor menghadiri Webinar Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa (Pemdes) di Prov. Kalteng. Webinar dihadiri secara virtual dari ruang kerja Plt. Kepala Dinas PMD Prov. Kalteng, Kamis (25/6/2021).

Kegiatan webinar ini dibuka oleh Dirjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo. Hadir sebagai narasumber Kasubdit Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah III Wawan Munawar.

(Baca Juga : Disnakertrans Turut Meriahkan Kalteng Expo 2022 )

Pada pertemuan tersebut dibahas terkait percepatan penyelesaian Raperda Tentang Pilkades di Kabupaten Kapuas dalam rangka penentuan jadwal pelaksanaan Pilkades. Selain itu, membahas mengenai penyelesaian Profil Desa bagi Kabupaten yang masih rendah input data pada profil desa.

Selanjutnya, membahas terkait pelaksanaan Lomba Desa Tingkat Provinsi berdasarkan petunjuk teknis dari Kementerian Dalam Negeri, percepatan Penyelesaian Batas Desa dan percepatan Pelaporan Konsolidasi Siskeudes. Terakhir membahas mengenai permintaan laporan PPKM dengan melaporkan jumlah posko setiap kabupaten secara intensif.

Webinar diikuti oleh Dinas PMD Kabupaten, Camat dan Kepala Desa se-Kalimantan Tengah.

H. Rojikinnor saat dibincangi mmc kalteng mengutarakan bahwa, webinar ini sangat strategis, karena dengan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Desa yang dilakukan secara reguler dan berkala, akan diperoleh update informasi terkait penyelenggaraan Pemerintah Desa.

"Dengan evaluasi yang dilakukan secara berkala, kita akan mampu menetapkan langkah-langkah strategis dalam mengatasi permasalahan yang terjadi, dan pada sisi lain meningkatkan progam kegiatan maupun layanan terhadap sektor yang dinilai telah berjalan dengan baik” tandas Rojikin.

Lebih lanjut H. Rojikinnor mengutarakan, bahwa program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas PMD, merupakan bentuk impelementasi kebijakan pimpinan daerah yang tertuang dalam visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur yang menjadi visi dan misi Pemerintah Provinsi Kalteng.

"Dengan penyelenggaraan pemerintah desa yang baik dan masyarakat terlayani dengan optimal, akan memiliki kontribusi besar bagi pencapaian Visi Kalimantan Tengah semakin Berkah” tutup Rojikin.(AS/Sumber: Dinas PMD Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook