Menteri PPPA Kukuhkan Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran Sebagai Bunda Forum Anak Daerah Prov. Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 23 September 2020 09:43, Dibaca 290 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran dikukuhkan sebagai Bunda Forum Anak Daerah Prov. Kalteng. Prosesi Pengukuhan  berlangsung bersamaan dengan acara Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2020, bertempat di Aula Eka Hapakat Lt. III Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (23/09/2020).


Pengukuhan dilakukan langsung oleh  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) Bintang Puspayoga secara virtual. Bintang Puspayoga mengatakan dinobatkannya Ivo Sugianto Sabran sebagai Bunda Forum Anak Daerah Prov. Kalteng diharapkan suara anak Prov. Kalteng semakin didengarkan dan dipertimbangkan agar dapat terlibat dalam memajukan daerahnya masing-masing.

(Baca Juga : Wagub Atas Nama Gubernur Lantik Dirut dan Direktur Operasional PT Jamkrida Kalteng)

"Saya percaya Bunda Ivo Sugianto Sabran akan melakukan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” tutur Menteri PPPA.

Forum Anak Daerah Prov. Kalteng merupakan perwakilan anak-anak se-Kalteng yang telah dilibatkan sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) dalam pelaksanaan pembangunan.

Salah satu implementasinya adalah dengan diikutsertakannya Forum Anak Daerah Prov. Kalteng dalam proses MUSRENBANG Tingkat Prov. Kalteng dalam 2 Tahun terakhir sehingga proses pembangunan di Kalteng benera-benar telah memperhatikan suara anak sebagai pewaris masa depan Prov. Kalteng.

Ivo Sugianto Sabran di pilih sebagai Bunda Forum Anak Daerah Prov. Kalteng dikarenakan telah begitu intens memberikan perhatian yang luar biasa terhadap anak-anak di kalteng baik dari perkembangan, perlindungan maupun harapan masa depannya. Dengan dikukuhkannya Ivo Sugianto Sabran sebagai Bunda Forum Anak Daerah Prov. Kalteng diharapkan dapat menjadi panutan dan role model bagi pembangunan ketahanan keluarga di Kalteng.

Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah menyampaikan telah meminta agar Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Prov. Kalteng Tahun ini tetap dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan.

“Ini merupakan komitmen saya dalam mempertahankan dan meningkatkan pengarusutamaan serta pemenuhan hak anak-anak di Provinsi Kalimantan Tengah, serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang harus kita siapkan masa depannya”, ucap Lies Fahimah.

Lies Fahimah juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PPPA dimana sejak tahun 2019 lalu, Pemerintah Prov. Kalteng sudah memiiki UPT PPA atau Unit Pelaksana Teknis – Perlindungan Perempuan dan Anak.

“Kami juga sedang membantu dan mendorong agar seluruh Kabupaten / Kota se Kalimantan Tengah segera memiiki UPT PPA sendiri sehingga sistem rujukan pelayanannya dapat berjalan dengan baik”, imbuhnya.

Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng ini juga menyampaikan ucapan Selamat atas dikukuhkannya Bunda Forum Anak Daerah Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

“Untuk itu saya ucapkan selamat sekaligus menitipkan dan mengingatkan kepada kita semua bahwa pemenuhan hak – hak anak harus menjadi prioritas kita semua secara terpadu mulai dari keluarga, masyarakat dan pemerintah di semua bidang dan tingkatan” tutup Lies Fahimah.

Rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2020 diisi dengan Launching Bantuan Sosial Pemerintah Prov. Kalteng bagi 1.000 Anak Terlantar di Luar LKSA masing-masing Rp. 500.000,- sebanyak tiga kali penyaluran dengan Total masing-masing orang sebesar Rp. 1.500.000,- melalui Bank Kalteng. Selain itu, Pemerintah Prov. Kalteng juga melakukan Launching Bantuan Sosial untuk 750 Anak terlantar dalam LKSA berupa paket bahan pangan masing-masing Rp. 200.000,- sebanyak tiga kali penyaluran dengan Total masing-masing orang sebesar Rp. 450.000,- melalui Perum Bulog.

Turut hadir Turut hadir Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka, Unsur Forkopimda, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng  terkait serta tamu undangan lainnya.(WDY/Foto:Doni)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook