Kadislutkan Kukuhkan Pokmaswas Kabupaten Barito Timur

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 22 Juni 2021 15:51, Dibaca 275 kali.


MMCKalteng - Barito Timur - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov Kalteng) yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ir. Hj. Rasifahani, M.Si mengukuhkan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kabupaten Barito Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Barito Timur, Selasa (22/6/2021).

Jumlah Pokmaswas di Kalteng per Juni tahun 2021 berjumlah 263 Pokmaswas tersebar di 14 kabupaten/kota dan setelah dilakukan verifikasi ulang, Pokmaswas yang aktif sebanyak 231, dari jumlah ini yang belum dikukuhkan sebanyak 12 Pokmaswas. Pada kesempatan ini dikukuhkan 2 (dua) Pokmaswas Kabupaten Barito Timur yang terdiri dari Pokmaswas Lawung Mariang dari Desa Tampa dan Pokmaswas Aksi Widuro dari Desa Runggu Raya, yang dihadiri oleh pengurus masing–masing kelompok dengan didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Barito Timur Mishael, S.Pi., SE., M.Si. 

(Baca Juga : Tindaklanjut MoU Optimalisasi Jalan Pertamina Demi Kesejahteraan dan Kenyamanan Masyarakat)

Dalam sambutan Kadislutkan. Prov. Kalteng yang dibacakan oleh Kabid PSDKP, Hj. Rasifahani menyampaikan bahwa Pokmaswas adalah mitra dan ujung tombak pemerintah dalam membantu pengawasan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan. Dalam pengawasan ini yang utama adalah pencegahan yang dapat dilakukan dengan sosialisasi, pemasangan spanduk atau baliho larangan tentang penangkapan ikan yang dilarang, cara pengolahan dan budidaya ikan yang sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

Untuk itu Pokmaswas diharapkan dapat membangun kinerja pengawasan dengan berkoordinasi bersama unsur aparat desa dan instansi terkait lainnya. Salah satunya dengan membuat peraturan desa yang memuat tentang larangan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan yang tidak sesuai dengan peraturan dijadikan sebagai payung hukum dalam pengawasan.

Tugas dan fungsi Pokmaswas sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.58/MEN/2001 tentang Tata cara Pelaksanaan SISWASMAS dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan adalah membantu pengawasan dengan melakukan pemantauan, mendengar dan melaporkan apabila ada tindakan pelanggaran perikanan ke aparat hukum. 

"Diharapkan Pokmaswas yang sudah terbentuk dan dikukuhkan dapat berperan aktif dalam melakukan pengawasan," tambahnya.

Di akhir sambutannya, Hj. Rasifahani berharap dengan dikukuhkannya Pokmaswas ini, pokmaswas yang ada di Kabupaten Barito Timur dan kabupaten/kota yang lainnya dapat lebih aktif dalam kegiatan pengawasan dan pengendalian demi terjaganya potensi sumber daya kelautan dan perikanan Prov. Kalteng. (AHS/Foto:Bro)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook