Investasi Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 22 Juni 2021 07:00, Dibaca 51 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup melimpah. Kendati begitu dalam upaya percepatan pembangunan daerah kehadiran investor juga sangat dibutuhkan.

Terkait itu kalangan DPRD Kalteng mengharapkan adanya investasi juga wajib bermanfaat bagi masyarakat. “Kehadiran investor tidak hanya untuk mencari keuntungan saja. Namun mesti bermanfaat bagi masyarakat Kalteng minimal warga sekitar,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon ketika ditemui di ruang kerjanya belum lama ini, Senin (21/6/2021).

(Baca Juga : Usahakan Kerajinan Diekspor Tanpa Perantara)

Dirinya menilai kondisi tersebut sangat penting agar ada akselerasi antara pengusaha, masyarakat lokal dan juga pemerintah daerah. Menyangkut banyak ragamnya investasi yang ada di Kalteng, dirinya mengapresiasi jajaran pihak ketiga yang ingin menanamkan modalnya di wilayah itu.

Melalui kehadiran mereka akan ada potensi dalam meningkatkan ekonomi maupun perkembangan kemajuan daerah. Intinya apapun bentuknya, harus ada kontribusi yang berarti bagi orang banyak.

“Misalnya seperti perkembangan sektor ekonomi, SDA yang direkrut yang berdampak pada pengurangan angka pengangguran. Namun hal terpenting perusahaan harus mengikut aturan daerah dimana mereka beroperasi,” jelas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas (Gumas) tersebut.

Lohing juga menegaskan masyarakat jangan sampai hanya jadi penonton saja, namun juga mesti memiliki andil di lapangan. Selain itu, para investor juga harus tanggap dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi saja. Banyak cara, untuk menanggulangi problema tersebut. Situasi itu dibangun dari kepedulian pihak investor.

Perusahaan baik yang bergerak di bidang pertambangan atau perkebunan, wajib mengutamakan kepentingan orang banyak.Apalagi yang berada di lingkup operasional perusahaan. Sebut saja bantuan pihak ketiga, sumbangan, sejenis plasma. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook