Gubernur Kalteng Instruksikan Lansia Jadi Prioritas Vaksin

Kontribusi dari Widia Natalia, 12 Juni 2021 15:51, Dibaca 116 kali.


MMCKalteng – Barito Utara – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan vaksinasi Covid-19 diprioritaskan untuk para lanjut usia (lansia).

“ Saya minta Bupati/Walikota untuk mengerahkan Kepala Sekolah supaya melaksanakan instruksi meminta wali murid membawa keluarganya yaitu kakek neneknya ketempat vaksin yang sudah disiapkan oleh Pemerintah”, Hal ini disampaikan Gubernur dalam sambutannya pada Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Lapangan Olahraga Tiara Batara Muara Teweh, Sabtu (12/6/2021).

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Meninjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi dibeberapa Pasar Kota Palangka Raya)

Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan, khusus vaksinasi dengan sasaran lansia, diharapkan sampai dengan Bulan Desember 2021 mendatang, pemberian vaksinasi bisa mencapai 80 persen dari jumlah lansia di seluruh Kalteng.

“Saya sampaikan, bahwa kita di Kalteng ada lansia 177.000, dari 177.000, kalau bisa sampai Bulan Desember mencapai 80 persen yang sudah divaksin. Di Barito Utara ada 1.000 lansia”, jelas Gubernur.

Diutarakan oleh Gubernur, Vaksinasi kepada lansia diharapkan bisa menekan angka kematian.

“Lansia untuk mengurangi kematian dan diharapkan tidak ada kematian akibat Covid-19, karena lansia lebih rentan”, tandasnya.


Dalam penyuntikan dosis, kelompok lansia tetap akan menerima vaksinasi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari. Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru. Sedangkan, vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal.

Gubernur didampingi oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Komandan Korem (Danrem) 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Prov. Kalteng H. Shalahuddin, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng H. A Syaifudi. Dari Pemerintah Daerah hadir Bupati Barito Utara H. Nadalsyah serta unsur Forkopimda dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara terkait. (WDY/Foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook