Pemprov Kalteng Terus Maksimalkan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

Kontribusi dari Rikah Mustika, 12 Juni 2021 14:36, Dibaca 519 kali.


MMCKalteng – Barito Utara – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran terus mendorong upaya pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan digelar bulan Juli mendatang. Sosialisasi dan pedoman telah dibuat dan disebarkan ke seluruh jajaran terkait agar mempersiapkan secara maksimal dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi (Prov.) Kalteng H. A Syaifudi, S.Pd, M.S.M saat menghadiri Kegiatan Pertemuan Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Barito Utara dalam rangka sosialisasi dan kesiapan menjelang PTM, di SMKN 1 Muara Teweh, Sabtu (12/6/2021).

(Baca Juga : Program Penanaman 25 Pohon Seumur Hidup Dalam Rangka Menjaga Kualitas Udara, Air, Tanah, dan Ekosistem di Bumi)

“Alhamdulillah kita sudah sosialisasikan ke kawan-kawan kepala sekolah SMA/SMK/SLB se-Kalteng dan pada saat ini kawan-kawan kepala sekolah sudah melakukan uji coba pada saat ini bersamaan dengan penilaian akhir tahunan atau ujian kenaikan kelas X dan kelas XI. Mereka juga sudah melakukan uji coba ujian terbatas ini dengan prosedur yang sudah kita buat dalam pedoman,” ucapnya.

Syaifudi juga menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat model-model pembelajaran yang nantinya akan disinkronisasikan dengan kondisi dan keadaan di masing-masing sekolah.

“Yang jelas PTM terbatas ini, karena ada terbatasnya itu makanya protokol kesehatan itulah yang menjadi kuncinya,” imbuhnya.


Untuk bulan Juli mendatang, pihaknya sepakat PTM terbatas ini tidak akan dilakukan dengan sistem sekolah uji coba, melainkan serentak dilakukan ke seluruh sekolah satuan pendidikan.

“Kita punya 138 SMK, 201 SMA, 24 SLB, mereka kita dorong semuanya untuk PTM terbatas. Dan saat ini di SKB Empat Menteri itu yang lebih diutamakan adalah guru semuanya divaksin dulu sebelum nanti tatap muka. Untuk informasi, saat ini kondisi guru per tanggal 2 Juni mencapai 62% yang sudah divaksin, saat ini mungkin sudah mencapai 70%,” jelasnya.

Plt. Kadis Pendidikan Prov. Kalteng juga menyebutkan bahwa Gubernur Kalteng sangat mendukung pelaksanaan PTM terbatas tersebut. Dengan catatan, protokol kesehatan harus diperketat dari yang sebelumnya.

Perlu diketahui, Empat Menteri telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang mengizinkan PTM mulai bulan Juli 2021. Empat menteri tersebut yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama. (Rkh / Foto: Rinto)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook