Ikuti Rakornas Wasin 2021, Inspektorat Siap Kawal Efektivitas Belanja dan Pemulihan Ekonomi di Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 27 Mei 2021 21:59, Dibaca 234 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Seluruh Pejabat/pegawai Inspektorat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern (Wasin) Pemerintah yang digelar oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, di Aula Inspektorat Daerah Kobar melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (27/5/2021). Rakornas Wasin 2021 kali ini mengambil tema "Kawal Aktivitas Belanja, Pulihkan Ekonomi".

Presiden Joko Widodo dalam pengarahannya saat membuka Rakor tersebut mengatakan, Tahun 2021 menjadi agenda pemerintah untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah sendiri sudah menyiapkan anggaran khusus untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hampir mencapai 700 triliun rupiah.

(Baca Juga : Dishub Kobar Pasang Rambu Peringatan di Ruas Jalan Pangeran Diponegoro)

“Anggaran ini harus direalisasi dengan cepat dan tepat sasaran, sehingga ekonomi kita bisa bangkit kembali. Saya ingin mengingatkan, efektivitas, akuntabilitas dan efisiensi dari belanja itu hal yang sangat penting,” kata Jokowi. 

Jokowi juga meminta kepada seluruh Pemangku kepentingan agar percepatan belanja pemerintah daerah terus dikawal dan ditingkatkan.

”Dengan bekerja sama sama kita optimis mampu mengatasinya. Berdiam diri tak boleh menjadi agenda, kita wajib berinovasi untuk melindungi Masyarakat, Komitmen bersama perkuat kolaborasi, perkuat check and balance dan saling bekerja sama, saling koreksi, saling memperbaiki program-program pemerintah yang efektif agar mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dan bangsa kita bisa segera bangkit dari pandemi,” pesan Presiden Jokowi.

Dalam rakornas wasin tersebut Muhammad Yusuf Ateh selaku kepala BPKP menyampaikan ada 2.223 peserta yang hadir dalam acara rakor tersebut. "Selain di hadiri oleh pimpinan Kementerian Lembaga dan pimpinan daerah, acara ini dihadiri oleh seluruh APIP kementerian lembaga daerah, pemeriksa eksternal,” ujar Yusuf Ateh.

Yusuf Ateh menambahkan bahwa tahun 2021 adalah momentum untuk pulih dan bangkit dari dampak pandemi Covid-19. APBN dan APBD menjadi instrumen penting dan harus diselenggarakan secara efektif. Hal ini menurut Yusuf, menjadi tanggung jawab bersama manajemen maupun APIP.

"Setelah satu tahun mengawal penanganan pandemi kami menemukan pelajaran berharga agar program pemerintah berjalan lebih efektif baik penganganan Covid-19 pemulihan ekonomi maupun program steategis pemerintah. Rakornas pengawasan intern pemerintah menjadi wadah untuk menyelaraskan arah kebijakan pengawasan intern seluruh APIP kementerian dan lembaga serta APIP Provinsi, kabupaten, kota dalam mengawal efektivitas belanja dan pemulihan ekonomi," imbuhnya.

Menanggapi arahan dari Presiden Jokowi, Plt Inspektur Daerah Kabupaten Kobar, Dwi Purnomo di sela-sela acara menyampaikan akan mengikuti hasil dari Rakornas Wasin 2021. "Inspektorat Daerah Kobar siap mensukseskan program pemerintah sesuai hasil Rakornas Wasin, kami siap mengawal efektivitas belanja dan pemulihan ekonomi masa pandemi khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Dwi Purnomo. (itda kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook