Perempuan Sebagai Resources Bagi Bangsa dan Negara

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 11 Desember 2019 20:03, Dibaca 101 kali.


MMCkalteng, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya melalui Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Renson menyampaikan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan RI dalam kegiatan Peringatan Hari Ibu yang ke 91 Tahun 2019, di Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya Jl. Diponegoro, Selasa (10/12/2019).

(Baca Juga : Distan Kabupaten Pulang Pisau Akan Segera Bagikan Alsintan)

Dalam sambutan yang dibacakan Renson katakan bahwa perempuan adalah sebagai resources bagi bangsa dan negara. Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya.

Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam mengasuh anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak.

Peringatan Hari Ibu diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua kepentingan eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan, dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus sebagai agen perubahan.

Tema peringatan hari ibu ke 91 tahun 2019 ini adalah ” Perempuan Berdaya Indonesia Maju” dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan perlakuan deskriminatif dan lainnya.

Kondisi tersebut memerlukan strategi pelibatan semua unsur masyarakat dan multistakeholders termasuk peran laki-laki dalam kampanye gerakan mendukung pencegahan kekerasan dalam pencapaian kesetaraan gender. He for She menjadi salah satu komitmen global yang harus digelorakan sampai akar rumput, tutup Renson. (MC. Iseng Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook