Sekda Kalteng Hadiri Pelaksanaan Kegiatan Gebyar Vaksinasi Massal Covid-19 Bagi Lansia

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 Mei 2021 11:15, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri menghadiri pelaksanaan kegiatan Gebyar vaksinasi massal Covid-19 bagi lanjut usia Pemerintah Kota Palangka Raya, bertempat di Gedung Palampang Tarung, Palangka Raya, Sabtu (22/5/2021). Vaksinasi ini ditujukan bagi masyarakat Kota Palangka Raya yang berusia 60 Tahun keatas.

Gebyar vaksinasi massal Covid-19 bagi lanjut usia ini juga digelar serentak di seluruh Kabupaten se- Kalteng dan terhubung secara virtual dari tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 masing-masing. Kegiatan vaksinasi berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 22-23 Mei 2021.

(Baca Juga : RSSI Pangkalan Bun Siapkan Aturan New Normal)

Sekretari Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 bagi lanjut usia ini.
“Kami mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 bagi lanjut usia ini Massal yang digelar selama 2 hari ini, sabtu dan minggu ini, dan ini adalah dalam rangka untuk percepatan vaksin, diamana stok vaksin kita cukup tinggi tapi pelaksanaanya yang masih terkendala”, tutur Fahrizal Fitri.


“Saya melihat kolaborasi antara Pemerintah Daerah, TNI dan Polri dimana peran teman-teman dari Polres juga sangat luar biasa untuk menggerakan seluruh lansia untuk mengikuti vaksin. Ini tantangan bagi kita semua bagaimana kita mensosialisasikan dan mengajak seluruh lansia melakukan vaksinasi Covid-19”, imbuhnya.

Fahrizal Fitri mengungkapkan target keseluruhan dalam pelaksanaan vaksinasi massal untuk lanjut usia di Kalteng berjumlah 19.000. Diutarakan oleh Fahrizal Fitri bahwa Vaksin covid-19 bertujuan untuk meningkatkan imunitas kekebalan tubuh dari pada lansia karena lansia merupakan kategori yang rentan. Fahrizal Fitri berharap para lansia-lansia lainnya juga dapat mengajak para saudara atau kolega maupun tetangga, untuk bersama-sama mengikuti vaksinasi karena tujuannya adalah untuk menjaga kekebalan tubuh para lansia sendiri.

Lebih lanjut Fahrizal Fitri mengatakan, kedepannya Pemrov bersama TNI dan Polri akan terus melakukan upaya-upaya peningkatan vaksinasi karena secara persentase dinilai masih cukup rendah.

“Berkenaan dengan proses pelaksanaan vaksinasi ini harus dipacu dan berkenaan dengan pelaksaanaan apabila ada kendala-kendala, kami mohon dikonfirmasikan dengan jajaran Pemerintah Daerah. Kami berharap proses pelaksanaan ini secara serentak bisa meningkatkan capaian-capaian peningkatan vaksinasi pada para lansia”, tandas Fahrizal Fitri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul menjelaskan jika setelah para lanjut usia yang melakukan vaksin terdapat efek ikutan setelahnya, Pemerintah siap menanggung biaya perawatannya.
“Kalau terjadi efek ikutan dari vaksinasi, tapi kalau terjadi juga, nanti efek samping vaksinasi sesuai ketentuan itu akan dirawat oleh Rumah Sakit Pemerintah tanpa biaya sama sekali. Nanti kalau fasilitas kesehatannya, boleh mengajukan ke Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Provinsi, kita akan mengajukan ke Pusat jika terjadi efek ikutan”, jelas Suyuti Syamsul.
“ Sebetulnya kita tidak berharap, meskipun kita mengetahui vaksin ini aman”, pungkas Suyuti Syansul.

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng turut mengapresiasi inisiatif dari Gubernur Kalteng bersama Forkopimda Prov. Kalteng, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang berlangsung di Indonesia yang digelar serentak dan dipantau secara virtual di 80 titik lebih dan melibatkan sekuruh personil baik dari Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten serta Forkopimda, yang semua terlibat mendukung vaksinator yang berjumlah kurang lebih 1.500.

Nampak hadir pada kegiatan vaksinasi Covid-19 diantaranya Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugraha, Sekretaris TP-PKK Prov. Kalteng Adiah Chandra serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook