Update Kasus Covid-19 Di Kalteng, Pasien Positif meningkat menjadi 46 Kasus

Kontribusi dari Widia Natalia, 19 April 2020 15:20, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Saat ini, zona merah di wilayah Kalteng menjadi 9 Daerah. Hal ini menunjukan telah terjadi penambahan pada kasus positif Covid-19.

Sampai dengan Minggu, (19/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 berjumlah 46 orang. Data per (18/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif hanya berjumlah 41 orang. Terjadi penambahan dalam jumlah banyak pada kasus positif dalam 24 jam terakhir yakni sebanyak 5 orang.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 64 Orang dan Konfirmasi Baru 80 Orang)

Penambahan 5 pasien positif dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kabupaten Barito Utara 3 orang dan Kabupaten Murung Raya 2 orang. Saat ini, ke 5 pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya.

Total kasus positif sebanyak 46 orang, masing-masing 36 orang masih dalam perawatan, 8 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia.

Sebanyak 36 pasien yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 19 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 11 orang dan RSUD Murjani Sampit 6 orang.

Sementara, 8 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya. Dan, 2 orang yang meninggal yakni 1 orang merupakan pasien rujukan dari Kapuas yang di rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi, meninggal pada Selasa (14/04/2020) sore yang sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya.

Sementara, untuk jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dalam 24 jam terakhir mengalami pengurangan sebanyak 5 orang. Total kasus PDP pada hari ini menjadi 81 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berkurang menjadi 45 orang, mengalami pengurangan sebanyak 8 orang dalam 24 jam terakhir, PDP di RSSI Pangkalan Bun bertambah menjadi 11 orang, dimana sebelumnya hanya berjumlah 10 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit turut mengalami penambahan sebanyak 1 orang, saat ini PDP pada RS tersebut menjadi 9 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap 1 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang Barito Timur tetap 1 orang, PDP di RSUD Muara Teweh tetap 6 orang dan PDP di RSUD Puruk Cahu bertambah menjadi 8 orang, dimana pada hari sebelumnya hanya berjumlah 7 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 12 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 11 orang, Kabupaten Barito Utara 5 orang, Kabupaten Murung Raya 21 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 5 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Katingan 5 orang, Kabupaten Barito Selatan 6 orang, Kabupaten Seruyan 1 orang, Kabupaten Gunung Mas 2 orang, Kabupaten Lamandau 1 orang, Kabupaten Kapuas 1 orang dan Kabupaten Barito Timur 6 orang.

Sama halnya dengan PDP yang mengalami pengurangan, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini kembali mengalami pengurangan.

ODP di wilayah Kalteng mengalami pengurangan sebanyak 34 orang dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Jumlah ODP pada hari ini tersisa 267 orang, dimana diketahui pada hari sebelumnya Sabtu, (18/04/2020) berjumlah 301 orang. ODP terbanyak tetap berada di Kota Palangka Raya berjumlah 59 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 117 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 1 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 102 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 8 orang, RSUD Murjani berjumlah 12 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 5 orang.

Dengan adanya penambahan pasien positif dari wilayah yang berbeda dengan wilayah sebelumnya, saat ini zona merah di Prov. Kalteng menjadi 9 Daerah terdiri dari 8 Kabupaten dan 1 Kota, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Utara. Sedangkan, zona kuning ada di 4 Daerah diantaranya Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Seruyan. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook