Webinar Sosialisasi KEN 2021

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 16 Februari 2021 12:03, Dibaca 58 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) melaksanakan Sosialisasi Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 atau sebelumnya dikenal sebagai Calendar of Events (CoE). Program ini merupakan upaya strategis Kementerian dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui events bekerja sama dengan seluruh provinsi atau kabupaten sebagai penyelenggara. Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan secara daring dengan tujuan untuk menyampaikan petunjuk teknis pengisian formulir usulan event untuk diteruskan ke penyelenggara kegiatan di seluruh provinsi.

KEN 2021 menjadi salah satu momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah transisi era new normal. Kunjungan wisatawan mengalami penurunan pada tahun 2020 dengan persentase 50% - 77,8% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19. KEN 2021 diharapkan mendorong minat kunjungan dan membangkitkan kembali semangat pelaku dan stakeholder sektor pariwisata di daerah secara nasional.

(Baca Juga : Ketua Osis Terpilih Harus Jadi Panutan)

Secara khusus, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Rizki Handayani pada saat membuka sosialisasi pada Selasa (16/2/2021) mengatakan bahwa target pemerintah dalam menyusun KEN 2021 ialah untuk adanya stimulus sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, terjaganya jumlah lapangan kerja, dan terpenuhinya kembali kebutuhan masyarakat akan hiburan di berbagai daerah di Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa awareness masyarakat terkait protokol Kesehatan (CHSE) juga akan meningkat.

Penyusunan KEN 2021 dimulai dari pengumpulan event usulan dan presentasi dari 34 provinsi, proses kurasi, survei lokasi, dan pembahasan formulir usulan event. Pembahasan dilaksanakan oleh Tim Kurasi yang telah dibentuk oleh Kemenparekraf RI. Setelah proses kurasi selesai, usulan event yang lolos akan masuk dalam Launching KEN 2021. Kalimantan Tengah telah mengusulkan event-event terbaik yang telah disampaikan oleh masing-masing kabupaten dan kota. Event dikurasi yaitu:

1. Provinsi Kalimantan Tengah – Festival Budaya Isen Mulang

2. Kabupaten Kapuas – Upacara Ritual Adat dan Budaya Laluhan (Laluhan Hapunu Suli)

3. Kabupaten Kotawaringin Timur – Mandi Safar

4. Kabupaten Kotawaringin Timur – Lomba Balap Ces

5. Kabupaten Kotawaringin Barat – Pawai Nasi Adab

6. Kabupaten Barito Timur – Festival Nariuk

7. Kabupaten Lamandau – Festival Babukung

8. Kabupaten Lamandau – Festival Balayah Lanting

Usulan-usulan ini akan dikurasi secara teliti oleh Tim Kurator bersama dengan 276 events kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Tim Kurator beranggotakan Joshua Simanjuntak (Kemenparekraf RI), Galih Sedayu (Ruang Kolaborasa), Debora Sharon (Backstagers), Heru Mataya (Rumah Karnaval Indonesia), Eko Prasetyo (Eko Dance Company), dan Yuki Nata Rahman (AA/DKP-KH).

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook