Sekda Kalteng Hadiri Prosesi Pemakaman Sabran Ahmad di TMP Sanaman Lampang, Palangka Raya

Kontribusi dari Widia Natalia, 28 April 2021 16:17, Dibaca 88 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri prosesi pemakaman Sabran Ahmad di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang, Kota Palangka Raya, Rabu (28/4/2021). Jenazah dimakamkan dengan prosesi militer.


Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto bertindak sebagai Inspektur Upacara. Pasukan upacara terdiri dari Yonif 1 SST dan Perangkat Upacara Komando Distrik Militer 1016 Palangka Raya.

(Baca Juga : Payung Literasi Palangka Raya adakan Mahaga Basa 2)

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng pada saat mengikuti rangkaian acara prosesi pelepasan jenazah mengatakan saat ini jajaran Pemerintah Daerah Prov. Kalteng, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng dan masyarakat Kalteng dalam suasana duka cita yang sangat mendalam atas Wafatnya Putra Terbaik Bumi Tambun Bungai Alm. Sabran Achmad ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa pada hari Selasa 27 April 2021 pukul 17.16 WIB di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya.

”Beliau meninggalkan kita semua dalam usia 90 tahun”, ucap Fahrizal Fitri.

Sabran Achmad merupakan salah satu putra terbaik bangsa, khususnya Prov. Kalteng. Sabran Achmad merupakan Tokoh Perintis berdirinya Bumi Tambun Bungai Prov. Kalteng, mengabdi di Departemen Perburuhan Tahun 1950, Wakil Ketua DPR-GR Periode 1966-1971, Kepala Kantor Balai Statistik Kalimantan Tenga Periode       1971 – 1986 dan Ketua Dewan Adat Dayak Periode 2008 – 2016.

Fahrizal Fitri menyampaikan beberapa Penghargaan yang diberikan kepada Sabran Achmad adalah Bintang dalam Rangka 45 dan 50 Tahun Republik Indonesia, Bintang Peniti Emas, Isen Mulang atas Jasa Berdirinya Provinsi Daerah Tingkat I Kalteng dan Bintang Manggala Karya Kencana Kelas I. Lebih lanjut Fahrizal Fitri menyampaikan, oleh karena itu, berdasarkan Keputusan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Alm. Sabran Achmad berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Palangka Raya.

”Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah saya mengucapkan duka yang sangat mendalam dan ikut berbela sungkawa semoga Alm. Sabran Achmad dengan segala jasa dan pengorbanan beliau dibalas berlipat ganda oleh Tuhan Yang Maha Esa dan diberi tempat yang terbaik di sisi-Nya. Selamat Jalan Pahlawan Kita, kami akan meneruskan perjuanganmu untuk kemakmuran Kalimantan Tengah kedepan, Aamiin” tandas Fahrizal Fitri.

Upacara pemakaman berlangsung khitmad. Hadir mengikuti prosesi pemakaman diantaranya Unsur Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka, Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah, Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemprov. Kalteng serta para tokoh masyarakat Kalteng.(WDY/Foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook