Catat, Siswa Baru Gratis Nikmati Fasilitas Asrama Mankoraya

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 28 April 2021 10:57, Dibaca 80 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Salah satu fasilitas yang dimiliki MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya) ialah asrama. Bagi siswa baru yang memilih diasramakan, tidak akan dipungut biaya alias gratis. “Bagi siswa baru yang memilih asrama tidak kami kenakan biaya asrama,” kata Kepala Mankoraya H. Ahd Fauzi di ruang kerjanya, Rabu (28/4/2021).

"Semua fasilitas asrama, mulai springbed, lemari, mesin cuci, sampai pendingin ruangan AC diperuntukkan bagi siswa baru yang menempati asrama. Siswa baru hanya menyiapkan biaya untuk makan, minum dan keperluan pribadi saja," lanjut Fauzi.

(Baca Juga : WBP Lapas Palangka Raya Rayakan Dharma Shanti Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943)

Ditambahkan, program madrasah yang terkait dengan pembiayaan seperti pengadaan seragam dan penunjang pendidikan lainnya telah dijelaskan kepada orang tua murid. Dengan begitu, orang tua mengetahui secara transparan dan akuntabel terkait program madrasah.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Mankoraya H. Amanto Surya Langka menjelaskan, konsep pendidikan di madrasah hendaknya dilakukan atas dasar tolong menolong, terutama dari segi pembiayaan dan pemikiran. Pembiayaan yang dimaksud Amanto adalah adanya partisipasi orang tua secara sukarela guna memajukan program di Mankoraya. Karena tidak semua pembiayaan yang diberikan pemerintah dalam bentuk dana BOS bisa digunakan, seperti kegiatan peringatan hari besar Islam.

Senada, Sekretaris Komite H. Syahrani mengatakan, pembiayaan berupa seragam sifatnya wajib, karena akan dipakai peserta didik selama di madrasah. "Bagi orang tua yang tidak mampu akan kami ringankan pembiayaannya dengan syarat menunjukkan surat keterangan tidak mampu," ungkap Syahrani.

Menurutnya kegiatan program bagi siswa di Mankoraya akan berjalan dengan maksimal jika didukung dengan partisipasi dari masyarakat, orang tua siswa, dan pemerintah. Hasil seleksi penerimaan siswa baru di Mankoraya tahun pelajaran 2021/2022 mencatat, dari 457 pendaftar, yang dinyatakan lulus sebanyak 374 siswa. Mereka yang lulus akan menempati 11 ruang kelas, dan dibagi menjadi 4 peminatan, yaitu MIPA, IPS, Agama dan Bahasa.

Di samping itu, siswa baru juga akan menerima pelajaran keterampilan tata busana, peternakan, elektronik dan multimedia, sesuai dengan pilihan mereka saat mendaftar. Mankoraya saat ini sudah menggunakan kurikulum berbasis riset dan keterampilan. Sejumlah sarana pendukung yang tersedia adalah gedung workshop keterampilan, asrama putra dan putri, laboratorium IPA, Fisika, Kimia. Kemudian ruang multimedia, ruang keterampilan, masjid dan berbagai kegiatan intra dan ekstrakurikuler yang sudah terprogram. (Asdi)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook