Kabupaten dan Kota yang Telah Meningkatkan Status Siaga Darurat Karhutla

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 25 April 2021 12:50, Dibaca 126 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pemerintah Kabupaten dan Kota Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) dalam melakukan pencegahan dan penanganan dini terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi mengutamakan koordinasi dengan instansi terkait.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng, Kibue menyampaikan, "Kabupaten dan Kota yang sudah meningkatkan status siaga darurat Karhutla sudah ada 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur dan Kabupaten Sukamara," ucapnya, Minggu (25/4/2021).

(Baca Juga : Rapat Sosialisasi Pengembangan Lembaga Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020)

“Dilakukannya penetapan status siaga darurat Karhutla di tiga Kabupaten tersebut karena di wilayah Kabupaten tersebut mengalami kondisi kering terlebih dulu dari Kabupaten dan Kota yang lain," sambungnya.

“Melihat kondisi terkini sebaran titik Hotspot yang terjadi di Kabupaten dan Kota Provinsi Kalimantan Tengah berdasarkan pantauan Citra Satelite Terra, Aqua, SNPP dengan Convidence 0 - 100 % pada 24 April 2021, berada di Kabupaten Barito Selatan 1 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Barito Utara 3 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Gunung Mas 2 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Kapuas 6 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Katingan 3 titik dengan Convidence Medium, Kota Palangka Raya 1 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Kotawaringin Barat 2 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Kotawaringin Timur 2 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Lamandau 1 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Murung Raya 3 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Pulang Pisau 3 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Seruyan 2 titik dengan Convidence Medium, Kabupaten Sukamara 2 titik dengan Convidence Medium, tidak menutup kemungkinan Kabupaten dan Kota akan meningkatkan status siaga darurat Karhutla,“ tutupnya. (Pky.25/4/2021/ DewiS & MAW &Abl/foto/Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook