Anggota DPRD  : Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Bimtek

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 31 Oktober 2018 21:02, Dibaca 433 kali.


MMCKalteng - Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Johansyah menanggapi terkait pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait penggunaan aplikasi Pelayanan Administrasi Handep Hapakat Mandiri (PAHARI) yang baru di Launching oleh Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo, Selasa (30/10) Kemarin hasil karya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau.

Dengan adanya bimtek, ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para Kepala Desa atau Aparatur Desa yang ada di Kabupaten Pulang Pisau untuk mengelola aplikasi tersebut, ujar Johansyah saat dimintai keterangan di Pulang Pisau, Rabu (31/10)

(Baca Juga : Sosialisasi dan Pemantapaan Keserasian Sosial, Ajak Warga Menggunakan Mensos Secara Bijak )

Meskipun bimtek yang dilaksanakan oleh DPMD Kabupaten Pulang Pisau tersebut tidak bisa diikuti oleh seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Pulang Pisau, namun ini merupakan wacana yang sangat positif untuk peningkatan SDM Pemerintahan Desa.

Johansyah berharap kepada Kepala Desa yang mengikuti kegiatan bimtek tersebut agar dapat membagikan ilmu yang didapat dengan perangkat di desanya masing-masing, sehingga seluruh perangkat desa bisa ikut menerapkan ilmu yang diperoleh tersebut.

Johansyah memaparkan disamping mengikuti bimtek yang materinya disampaikan oleh para pakar dari pusat, peserta bimtek juga bisa melihat langsung kondisi lapangan desa-desa yang sudah maju di daerah lain, seperti dalam pengelolaan dana desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), sistem pelaporan , Bumdes serta sistem pelayanan administrasi dan lainnya.

Johansyah menambahkan terkait tidak semua Kepala Desa diikutkan dalam kegiatan bimtek tersebut, itu merupakan kewenangan pihak eksekutif, namun pihaknya berharap kegiatan bimtek bisa terlaksana secara terus menerus sesuai dengan kemampuan daerah.

Jika ingin dilaksanakan diluar atau didalam daerah sah-sah saja dan tidak ada permasalahan, yang mungkin menjadi bahan pertimbangan adalah dari pihak yang berkompeten untuk penyelenggaraannya baik diluar maupun didalam daerah, jelasnya Johansyah. (MC. Pulang Pisau/Foto:www.google.com/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook