Kunjungan Kemendagri Dalam Rangka Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan NSPK Bidang Kelautan dan Perikanan Tahun 2021

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 15 April 2021 16:09, Dibaca 103 kali.


MMCKalteng Palangka Raya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng Yuliani, SH., M.AP menyambut kunjungan dari Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah. Kegiatan tersebut bertempat di Aula Kantor Dislutkan Prov. Kalteng, Kamis (15/4/2021).

Turut hadir mendampingi Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng, Kepala Bidang dan Pejabat Eselon IV Lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng. Kunjungan ini bertujuan untuk penyelarasan, integrasi dan penerapan program dan kegiatan perangkat daerah Urusan Kelautan dan Perikanan.

(Baca Juga : Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kecamatan Jekan Raya Palangka Raya)

Pasca ditetapkannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, mengakibatkan adanya pengalihan kewenangan pada urusan pemerintah bidang kelautan dan perikanan yang perlu pengalihan P3D berdasarkan SE Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 492/SJ/TU.210/VI/2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengalihan Personel, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta dokumen lingkup Urusan Bidang Kelautan dan Perikanan, dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, antara lain:

1. Pengalihan dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi,

2. Pengalihan dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Pusat,

3. Pengalihan dari Pemerintah Provinsi ke Pemerintah Pusat.

Agenda pembangunan nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020-2024 yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan. Indikator pembangunan nasional Tahun 2022 urusan Kelautan dan Perikanan telah disepakati antara Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Analisis dan permasalahan dilaksanakan dengan penghimpunan dokumen terkait pengalihan P3D dan wawancara langsung dengan masing-masing bidang terkait, sehingga didapatkan data yang valid yang kemudian dipelajari lebih lanjut dan akan dibahas pada pertemuan P3D yang dihadiri oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Menanggapi hasil pertemuan hari ini Kadislutkan Prov. Kalteng Ir. H. Darliansjah, M.Si berpesan, “Saya berharap pertemuan ini dapat menghasilkan progres yang baik untuk mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat dalam Perencanaan Pembangunan Pusat dan Daerah untuk mencapai target Pembangunan Nasional terkait Bidang Kelautan dan Perikanan.” ucapnya.(CK/ Foto:KC)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook