SMA Negeri 1 Palangka Raya Terima Mahasiswa PLP 1 dari FKIP UPR

Kontribusi dari Rikah Mustika, 06 April 2021 11:05, Dibaca 268 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - SMA Negeri 1 Palangka Raya menerima mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) untuk melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan Tahap 1 (PLP 1) . Mahasiswa dari FKIP UPR ini berjumlah 23 orang dan didampingi oleh Ichyatul Afrom, M.Pd,  Senin (5/4/2021).

Dalam sambutan ketika melakukan pertemuan dengan para mahasiswa PLP 1 FKIP UPR di aula SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin menyampaikan terima kasihnya kepada pihak manajemen UPR yang telah menunjuk SMA Negeri 1 Palangka Raya sebagai sekolah mitra. Pihak sekolah selalu siap memberikan bimbingan ataupun bantuan kepada mahasiswa dalam melaksanakan PLP 1. Bimbingan dan bantuan tersebut tentunya yang sesuai dengan buku panduan yang telah dikeluarkan oleh pihak UPR. Oleh sebab itu, diharapkan para mahasiswa tidak usah sungkan ataupun ragu dalam melakukan komunikasi dan diskusi dengan pihak sekolah. 

(Baca Juga : Pelaku Usaha Perikanan Kalteng Dapat Bantuan Bioflok, Budidaya Mina Padi dan Ikan Hias dari KKP)

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pihak manajemen UPR yang telah menunjuk sekolah kami sebagai sekolah mitra dan mempercayakan mahasiswanya untuk melalukan PLP 1 di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Kami selalu siap memberikan bantuan ataupun bimbingan sesuai dengan buku panduan yang telah dikeluarkan oleh pihak UPR,” kata Arbusin.


Arbusin juga menyampaikan kepada para mahasiswa, mereka dipersilahkan menggali ataupun mencari informasi seluas-luasnya yang berkaitan dengan kegiatan persekolahan. Pihak sekolah akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Dengan demikian diharapkan ketika para mahasiswa ini menjadi guru, mereka memiliki bekal yang memadai sehingga menjadi guru yang professional. Selain itu diharapkan juga para mahasiswa ini turut membantu memberikan informasi ataupun inovasi pembelajaran yang bisa diterapkan dalam rangka mengembangkan SMA Negeri 1 Palangka Raya agar lebih baik lagi.


Ichyatul Afrom, M.Pd, dosen FKIP UPR yang mendampingi para mahasiswa menyampaikan dalam sambutannya, rasa terima kasih kepada pihak di SMA Negeri 1 Palangka Raya yang telah menerima mahasiswa FKIP UPR untuk melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dengan tangan terbuka. Semoga kerja sama ini dapat berlangsung dengan baik untuk mempersiapkan para mahasiswa FKIP UPR menjadi guru yang professional.

“Saya atas nama rektor Universitas Palangka Raya menyampaikan terima kasih kepada pihak manajemen SMA Negeri 1 Palangka Raya yang telah menerima mahasiswa FKIP UPR untuk melakukan PLP 1,” katanya.

Di samping itu, dosen ini juga menyampaikan bahwa mahasiswa yang melakukan PLP 1 di SMA Negeri 1 Palangka Raya berjumlah 23 orang dan terdiri dari 5 program studi. Kelima program studi tersebut adalah Pendidikan Matematika, Biologi, PKN, Sendratasik, Kimia dan  Bahasa Inggris. Selanjutnya disampaikan juga maksud dan tujuan diselenggarakannya PLP 1 yakni untuk memberikan dan membangun landasan jati diri para mahasiswa program sarjana pendidikan di lingkungan FKIP UPR. Untuk itu kegiatan para mahasiswa di lapangan meliputi:

1. Pengamatan langsung terhadap kultur sekolah;

2. Pengamatan terhadap struktur organisasi dan tata kelola sekolah;

3. Pengamatan terhadap peraturan dan tata tertib sekolah;

4. Pengamatan terhadap kegiatan-kegiatan ceremonial-formal di sekolah (misal kegiatan upacara bendera, kegiatan rapat dewan guru, dll);

5. Pengamatan terhadap kegiatan-kegiatan rutin (kegiatan kurikuler, kokulikuler dan ekstrakurikuler); dan

6. Pengamatan terhadap praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah (best-practice)

Pada bagian akhir sambutannya, Afrom mengharapkan agar para mahasiswa yang melakukan PLP 1 di SMA Negeri 1 Palangka Raya bersungguh-sungguh menghimpun informasi dan data yang sesuai dengan buku panduan. Dengan demikian agar tujuan kegiatan PLP 1 dapat tercapai dengan maksimal. Selain itu diharapkan juga agar para mahasiswa mampu beradaptasi dengan warga sekolah dan lingkungannya. Terapkan protokol kesehatan secara baik agar semuanya merasa aman dan nyaman serta tidak terpapar covid-19. (Humas SMANSA-Anw)

 

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook