FAD Prov. Kalteng Ikuti Musrenbang Prov. Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari DP3APPKB PROV.KALTENG, 08 April 2021 08:00, Dibaca 216 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pada masa pandemi Covid-19 saat ini tidak mengurangi semangat Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) dalam melaksanakan Musrenbang Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual pada Kamis (8/4/2021), yang dibuka langsung oleh Gubernur Prov. Kalteng yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng, Fahrizal Fitri, S.Hut., MP.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa tema RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2022 adalah Stabilitas Ekonomi dengan Penguatan SDM yang Berdaya Saing dengan prioritas pembangunan tetap pada bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, dan Perekonomian dalam arti luas yang diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Disampaikan juga bahwa dalam menghadapi kondisi sulit akibat pandemi Covid-19 saat ini, diperlukan kerja sama dan sinergitas yang kuat dalam menjalankan kebijakan, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota, hingga Pemerintah Desa.

(Baca Juga : SOP Penyemprotan Disinfektan Covid-19)

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Forum Anak Daerah (FAD) Prov. Kalteng Widya Rahmawati dan salah satu anggota divisi Bidang Multimedia Griven Haliem turut hadir dalam Musrenbang Prov. Kalteng Tahun 2021 secara virtual, didampingi oleh Fasilitator Forum Anak Wenny Febyanti dan Hasim Sanawi, Plt. Sekretaris Dra. Marwati Sukwatini dan Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Mulyo Suharto, SH, bertempat di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng.

Keterlibatan anak dalam Musrenbang menjadi indikator pemenuhan hak sipil dan kebebasan khususnya hak partisipasi anak, ini menjadi kesempatan bagi anak untuk ikut serta memberikan ide/gagasan yang bermanfaat dalam pembangunan di Prov. Kalteng. Dalam mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), dimana salah satu indikator terukurnya adalah dari ketersediaan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, anak mempunyai hak mengemukakan pendapatnya untuk kesejahteraan orang lain.

FAD Prov. Kalteng diberi kesempatan menyampaikan aspirasi pada kegiatan musrenbang, poin-poin aspirasi yang disampaikan yaitu :

1. Menyediakan tempat khusus bagi perokok aktif, agar tidak merugikan perokok pasif.

2. Memohon dibuat Undang-Undang bagi guru/pendidik yang menganggap “Bullying” (perundungan) sebagai candaan (para guru yang tidak peduli dengan korban bullying).

3. Perketat Undang-Undang bagi pem-bullying (terutama pada usia beranjak dewasa) agar jera.

4. Memohon diberikan tempat/fasilitas gedung untuk sekretariat FAD Prov. Kalteng.

5. Meniadakan peraturan pembatasan usia calon peserta didik (terutama sekolah menengah).

6. Memperkuat jaringan internet hingga mencapai seluruh pelosok-pelosok daerah pedalaman/desa.

(Rusilawati / Foto: Marcella)

DP3APPKB PROV.KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook