TRC BPBPK Prov. Kalteng Ikuti Apel Gelar Personil dan Sarpras

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 31 Maret 2021 17:25, Dibaca 175 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Kesiapsiagaan menghadapi dan antisipasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan tahun 2021, Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Kalimantan Tengah menyelenggarakan Kegiatan Apel Gelar Personil dan Sarpras dalam rangka kunjungan Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri Polda Kalteng yang digelar di Lapangan Barigas Polda Kalteng, Rabu (31/3/2021). Apel Gelar Personil dan Sarpras diikuti oleh personil Korem 102 Panju Panjung, Personil Dandenpom XII/2 PLK, Personil Pol PP Prov. Kalteng, Personil Manggala Agni dan MPA (Masyarakat Peduli Api). 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Kibue A.Md.Kep, S.Sos, M.AP mengatakan, “Sebagai kesiapsiagaan menghadapi dan antisipasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021, BPBPK Prov Kalteng memiliki kesiapan baik itu dari segi Sumber Daya dan Peralatan dalam menghadapi bencana asap akibat Karhutla tahun 2021,“ ucapnya. 

(Baca Juga : Peran Aktif Masyarakat Guna Memutus Rantai Penularan dan Penyebaran Corona Virus Disease 2019)


“Dalam apel gelar personil dan sarpras tadi, BPBPK Prov. Kalteng menurunkan dua regu Tim Reaksi Cepat (TRC), personil simulasi dan personil apel. Sarana dan Prasarana (Sarpras) yang digelar berupa peralatan pemadam yaitu Selang Hisap, Selang Man atau Selang Konektor, Mesin Sibura, Nozel, Mobil Tangki Air dan Alat Pelindung Diri (APD) pemadam. Sarpras tersebut yang biasa personil pergunakan di lapangan melakukan pemadaman di lahan,” sambungnya. 

“Walaupun dari segi Sumber Daya dan Peralatan sudah memadai, kami berharap bencana asap akibat Karhutla pada tahun 2021 ini tidak lepas dari peran dan tanggung jawab semua pihak yang terkait, dan juga masyarakat sebagai pemilik lahan dalam mencegah agar bencana asap akibat Karhutla tidak terjadi. Dari kesiapsiagaan yang sudah ada sehingga bencana akibat Karhutla dapat diminimalisir kejadiannya. Kita utamakan dalam hal pencegahan,“ pungkasnya. (Pky.31 / 3/2021 / Dewis & MAW & Abl / foto / Data: PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook