Gubernur Kalteng Harapkan Peningkatan Aktivitas Ekonomi Dari Bandara H. Muhammad Sidik Muara Teweh

Kontribusi dari Rikah Mustika, 30 Maret 2021 11:30, Dibaca 108 kali.


MMCKalteng –Barito Utara - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) K.H. Ma ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kabupaten Barito Utara, Selasa (30/3/2021). Kunjungan Wakil Presiden di Kabupaten Barito Utara ini dalam rangka Peresmian Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh yang berada di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengucapkan terima kasih kepada Presiden, Wakil Presiden, Menteri Perhubungan dan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Komisi V DPR RI beserta seluruh stakeholder terkait yang telah mendukung pembangunan Bandar Bandara Haji Muhammad Sidik.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Keluarkan SK Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Karhutla )

“Berkenaan dengan akan diresmikannya Bandara Haji Muhamad Sidik oleh Bapak Wakil Presiden, perkenankan kami atas nama seluruh rakyat Kalimantan Tengah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, Bapak Menteri Perhubungan dan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Komisi V DPR RI beserta seluruh stakeholder terkait, sehingga Bandar Udara ini dapat diselesaikan dengan baik pembangunannya,” tutur H. Sugianto Sabran.

Sugianto Sabran mengutarakan, kehadiran Bandara Haji Muhamad Sidik akan mendorong munculnya titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Kalteng pada umumnya, dan di Kabupaten Barito Utara khususnya.

“Karena hal ini sangat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat di Kabupaten Barito Utara dan sekitarnya, dengan semakin maju dan hadirnya simpul-simpul transportasi strategis di Kalimantan Tengah,” pungkas H. Sugianto Sabran.


Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Beringin Muara Teweh, Endang Setiawan menjelaskan Bandara Muhammad Sidik ini memiliki landasan pacu 1.400 meter dan lebar 30 meter, apron seluas 110,25 meter dan lebar 80 meter serta taxiway 173 meter dan lebar 18 meter. Bandara ini mulai dibangun Tahun 2009 dan selesai di Tahun 2019.

Saat ini bandara Haji Muhamad Sidik sudah melayani 2 rute penerbangan, yaitu Rute Penerbangan Perintis Palangka Raya – Muara Teweh (pulang pergi) dan Rute Penerbangan Niaga tidak berjadwal Banjarmasin – Muara Teweh (pulang pergi).

“Dengan peresmian Bandara ini semoga Bandara ini lebih bermanfaat kepada masyarakat Barito Utara khususnya dan dapat menjadi penyangga transportasi sehingga lebih terbuka akses transportasi ke Daerah lain," tandas Endang Setiawan. (Wdy&Rkh / Foto: Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook