Guru Madrasah di Kobar Diajari Cara Menyusun Soal HOTS

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 15 Maret 2021 14:22, Dibaca 318 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Barat –  Puluhan guru madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diberi bimbingan cara penyusunan soal ujian madrasah dengan tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills) di aula MTsN 1 Kotawaringin Barat,  beberapa waktu lalu.

Kepala MAN Sukamara Anto Soeparto yang menjadi narasumber kegiatan tersebut ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (15/3/2021) menjelaskan, terdapat sejumlah cara pembuatan soal HOTS atau kemampuan berpikir tingkat tinggi. Anto mengatakan, soal HOTS membuat siswa menggunakan logika dan kemampuan berpikirnya.

(Baca Juga : Tim Yankomas Lapas Sukamara Ikuti Kegiatan Pengukuhan Secara Virtual)

"Soal HOTS merangsang kemampuan analisis dan pemecahan masalah, jadi tak selamanya sulit, masih di dalam kemampuan berpikir siswa," ujarnya.

Ia melanjutkan, ciri-ciri soal HOTS antara lain; menganalisis, membandingkan, mengkombinasikan dan merencanakan. Beda dengan soal LOTS (Lower Order Thinking Skills) yang selama ini masih digunakan, yang lebih menitikberatkan kepada daya ingat, menyusun, menduplikasi, memilih dan merangkum.

Di samping paparan teori, Anto mengaku juga mengajak peserta untuk praktik cara membuat soal HOTS dengan contoh-contih konkret. “Penerapan soal HOTS adalah cara merangsang daya pikir dan analisis peserta didik,” katanya.

Pelatihan itu sendiri dibuka oleh Plt. Kepala Kemenag Kobar H. Taufiq Alamsyah. Dia meminta para guru untuk mengeksplorasi berbagai metode dalam meningkatkan kualitas lulusan madrasah. (Wiwin Ariady)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook