Sekda Kalteng Membuka Secara Resmi Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

Kontribusi dari Widia Natalia, 02 Maret 2021 10:49, Dibaca 260 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri sekaligus membuka secara resmi Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (01/03/2021). Acara ini dirangkai dengan Penandatanganan MoU antara perguruan Tinggi di Kalteng dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI).

Talk Show menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, Bunda Literasi Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran dan Rektor IAIN Palangka raya H. Khairil Anwar. Moderator pada acara ini adalah Glory Kriswantara. Kegiatan ini mengangkat tema Penguatan Sisis Hulu dan Hilir Budaya Baca Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Indonesia.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Ikuti Rakor Percepatan Pelaksanaan Program Pertashop Kerjasama Kemendagri Dengan PT. Pertamina (Persero) Tahun 2020)


Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando menyampaikan rangkaian kegiatan ini merupakan bagian yang sangat penting sebagai upaya penguatan budaya baca masyarakat agar terwujud masyarakat berpengetahuan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu rencana aksi Pemerintah, dalam hal ini Perpustakaan Nasional, untuk mewujudkan Program Prioritas Pemerintah tahun 2020-2024, yaitu Pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia.


Muhammad Syarif Bando mengutarakan kegiatan Perpustakaan Nasional RI tahun 2021 akan berfokus pada Indeks Kegemaran Membaca dan Indeks Literasi di masyarakat. Salah satu upaya yang dilaksanakan pada tahun 2021 adalah kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) dengan tema “Penguatan Sisi Hulu Dan Hilir Budaya Baca Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Indonesia”.

Muhammad Syarif Bando berharap pelaksanaan kegiatan PILM dan Penandatanganan Nota Kesepahaman Perpustakaan Nasional RI dengan berbagai pihak hari ini dapat memperkuat ekosistem budaya baca dan literasi Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri  saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kalteng, yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan Pemerintah Prov. Kalteng.

“Kegiatan ini merupakan bukti serta wujud komitmen Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui aktivitas Membaca dan Literasi”, tutur Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng.

Fahrizal Fitri mengatakan untuk mewujudkan visi dan misi Kalteng "Berkah", khususnya dalam hal “Mempercepat Sumber Daya Manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing”, diperlukan upaya bersama, yaitu dengan mengajak semua lapisan masyarakat Kalimantan Tengah untuk membudayakan Gemar Membaca. Hal ini didukung dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur Kalteng Nomor 58 Tahun 2020 tentang Pembudayaan Gemar Membaca, maka Provinsi Kalteng telah ikut berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lebih lanjut Fahrizal Fitri menyampaikan, untuk lebih mendorong “Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kalimantan Tengah” diperlukan kerjasama dengan sesama Stakeholders, seperti Akademisi, Perguruan Tinggi, Penggiat Literasi, dan sebagainya, yang akan berperan aktif dalam mensosialisasikan aktivitas membaca dan literasi di Kalimantan Tengah, baik melalui keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat, sehingga tercipta SDM yang cerdas, kreatif, dan inovatif untuk Kalimantan Tengah yang semakin Berkah.

Fahrizal Fitri berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial, tetapi benar-benar diimplementasikan. Kepada Bupati/Wali Kota agar segera melakukan langkah-langkah proaktif dalam mendukung Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kabupaten/Kota masing-masing diantaranya memperkuat dengan Peraturan Bupati dan Walikota untuk Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat melalui gerakan “Kalteng Membaca” yang sudah dicanangkan pada Tahun 2020 di masing-masing Daerah, meningkatkan Sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan juga Sektor Swasta di wilayah saudara dalam rangka mensosialisasikan budaya gemar membaca dan melakukan inovasi dalam memperkuat Perpustakaan Desa untuk bertransformasi, sehingga dapat berbasis inklusi sosial dalam meningkatkan Literasi masyarakat, sehingga Visi Kalteng “Berkah” dapat terwujud.

Rangkaian acara diisi dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Perpustakaan Nasional dengan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya, Institut Agama Hindu Kaharingan Negeri Palangka Raya, Universitas Palangka Raya, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Universitas PGRI Palangka Raya, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Tambun Bungai Palangka Raya dan Poltekes Palangka Raya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando menyerahkan Mobil perpustakaan keliling kepada Pemerintah Prov. Kalteng, dalam hal ini diterima oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Turut hadir Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng Sri Widanarni, seluruh Rektor Perguruan Tinggi yang akan Melaksanakan Nota Kesepahaman serta seluruh peserta kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat meliputi para guru, siswa, pengelola perpustakaan, pegiat literasi se-Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook