Ketua Pelaksana Harian Penanganan Covid-19 Kalteng Hadiri Launching Pasar Kahayan Tangguh

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 12 Februari 2021 13:42, Dibaca 516 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sekaligus Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng, selaku Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Prov. Kalteng Ir. H. Darliansjah, M.Si  mendampingi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si.,M.M melaunching Pasar Tangguh Kahayan yang dilaksanakan di Pasar Kahayan Palangka Raya, Jumat (12/2/2021). Turut hadir Dandim 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Prov. Kalteng Drs. H. Nurul Edy, M.Si, jajaran Pejabat Utama Polda Kalteng, jajaran Pejabat Utama Komando Resor Militer (Korem) dan Pengurus Pasar Kahayan Palangka Raya.

Pada kegiatan ini pengurus Pasar Kahayan Palangka Raya berterima kasih kepada Kapolda Kalteng beserta jajaran dan seluruh undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Pengurus Unsur Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Pemerintah Kota Palangka Raya selaku pengelola pasar Pemerintah Kota Palangka Raya mendukung pemerintah pusat dan daerah serta jajaran Polri untuk menekan penyebaran covid-19 yang hingga kini masih ada.

(Baca Juga : Kemenparekraf RI Distribusi BALASA bagi Tenaga Kerja Parekraf Terdampak Covid-19)


Dalam sambutannya, pengelola Pasar Kahayan mengatakan pihaknya telah melaksanakan upaya-upaya untuk menekan penyebaran covid-19 di lingkungannya, antara lain dengan membagikan masker, melaksanakan rapid tes, dan melakukan himbauan secara rutin kepada pedagang, pengunjung dan pembeli di Pasar Kahayan agar menjalankan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, pasar tersebut juga melaksanakan penyemprotan setiap 2 kali sehari. Ini merupakan target pengelola untuk zero covid-19 di Pasar Kahayan Palangka Raya.

Untuk mengurangi kerumunan, pihak pasar kahayan bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Palangka Raya menerapkan belanja secara online. Mengakhiri sambutannya, Pengurus pasar kahayan mengucapkan terima kasih atas dilaunchingnya Pasar Tangguh Kahayan ini.

Kapolda Dedi Prasetyo menyampaikan dalam sambutannya, “Pasar tangguh sebenarnya telah lama dilaunching, saat adanya peningkatan covid-19 di Kalimantan Tengah pada waktu yang lalu. Polda Kalteng merevitalisasi kembali pasar tangguh ini. Untuk kali ini Pasar Kahayan menjadi roll model sebagai pasar yang menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitasnya. Saya mengapresiasi pengurus Pasar Kahayan yang memiliki target zero covid-19,” ucapnya.

Lebih lanjut Dedi mengucapkan, “Terima kasih sebesar-besarnya dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Palangka Raya, Dandim Palangka Raya serta stake holder terkait lainnya, yang terus dan tidak kenal lelah. Jangan kendor dan selalu semangat untuk menekan pertumbuhan angka covid-19 di wilayah Palangka Raya pada khususnya,” tambahnya.

Kapolda Kalteng Dedi Prasetyo cukup prihatin dengan perkembangan covid-19 pada saat ini. Hampir satu tahun berjuang dan bersinergi bersama, akan tetapi tren penambahan covid-19 mengalami fluktuasi. Pada libur panjang saat ini kita mengantisipasi, agar tren dalam 14 hari ke depan menurun.

“Kita sudah memiliki pengalaman di tahun 2020 ketika libur panjang terjadi beberapa kali mengakibatkan peningkatan yang cukup tinggi bahkan sulit dikendalikan, sehingga kita mengantisipasi akan hal tersebut," katanya.

Dedi Prasetyo juga turut prihatin terkait angka meninggal dunia di Kalimantan Tengah yang mengalami peningkatan dan lonjakan drastis.

"Kita harus tetap mengendalikan penyebaran covid-19 secara maksimal, tentunya Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, Satuan Tugas, TNI, serta Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa dibantu seluruh stake holder terkait lainnya. Kita harus melibatkan Tokoh Masyarakat, Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama agar terus berjuang bahu membahu dalam rangka mensosialisasikan prokes kepada masyarakat agar tidak boleh abai, dan terus meningkatkan disiplin prokes," tegasnya.


Dedi Prasetyo juga menegaskan kegiatan launching ini jangan hanya sekedar seremonial saja, namun Kapolres, Dandim, Pemerintah Kota bersama Satuan Tugas juga harus melakukan evaluasi ke depannya.

"Target kita zonasi resiko yang pada saat ini Kota Palangka Raya zona merah pada tanggal 22 Februari 2021 minimal menjadi zona oranye. Saya juga mengingatkan kepada Kapolres beserta forkopimda Kabupaten/Kota agar pasar menjadi roll model pasar tangguh atau lewu pasar isen mulang. Harapannya semakin banyak pasar-pasar yang dijadikan Pasar Tangguh, kita dapat menekan penyebaran covid-19 di wilayah Prov. Kalteng. Dengan kebersamaan dan sinergitas ini semoga membawa manfaat bagi kita semua ke depannya,” tutup Dedi dalam sambutannya.

Di kesempatan yang sama Dandim 102/PJG Purwo Sudaryanto mengatakan, “Kita selalu sinergitas dengan seluruh elemen masyarakat di Prov. Kalteng. Dengan kegiatan ini kita berdayakan 3 pilar plus, mulai dari tingkat desa, diawali dari RT/RW, sehingga kita mengharapkan tumbuhlah desa-desa tangguh atau desa-desa isen mulang, sehingga nantinya kita dapat mengeliminir atau memutus mata rantai penyebaran covid-19. TNI akan melibatkan seluruh personil di Kalimantan Tengah dengan melibatkan Polri maupun Pemda dalam mengimbau masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Prov. Kalteng H. Darliansjah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolda beserta jajarannya yang telah melaunching pasar tangguh serta pasar-pasar lainnya.

“Pemerintah Prov. Kalteng selalu bersinergi memastikan seluruh elemen masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kalteng sehingga covid-19 cepat berlalu,” tegasnya.

Selain launching, kegiatan ini juga melaksanakan acara penyerahan bantuan kepada UPTD Pasar Kota Palangka Raya berupa, masker, megaphone, rompi, alat penyemprot, dan tempat tidur lipat, dengan harapan bantuan tersebut bermanfaat dalam usaha memutus mata rantai penyebaran covid-19. (Adt/Foto:Bro)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook