Gunakan Masker yang Tepat untuk Mencegah Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 10 Februari 2021 15:51, Dibaca 145 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama Corona, masih mengalami peningkatan, khususnya di Kalimantan Tengah. Perkembangan Covid-19 berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, sejak awal Januari 2020 lalu telah menelan korban jiwa sebanyak 330 (0) dan terkonfirmasi 12.484 (+32) jiwa sampai tanggal 9 Februari 2021.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah melalui Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Erlin Hardi,ST mengatakan, “Pesan kami selaku penanganan Covid-19 pada masyarakat Prov. Kalteng, tetap secara disiplin melakukan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas). Harapan kami bahwa dari masyarakat itu memang betul-betul di masing-masing keluarga dan diri sendiri harus saling mengingatkan kedisiplinan ini. Karena dari keluarga kecil dan diri sendiri itulah dimulai untuk mencegah tertular Covid-19. Jika menggunakan masker gunakan masker yang direkomendasi. Jika semua disiplin, penyebaran Covid-19 dapat dihentikan dengan cepat,“ ucapnya.

(Baca Juga : Panitia PAS Gasal SMA Negeri 1 Palangka Raya Laksanakan Rapat Koordinasi)

Kementerian Kesehatan melalui Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Achmad Yurianto menghimbau masyarakat untuk memakai masker yang baik dan dari bahan yang benar. Beliau menjelaskan ada 3 jenis masker yang direkomendasikan, yakni Masker N95, Masker Bedah, dan Masker Kain.

Masker kain yang dipakai oleh masyarakat tidak boleh sembarangan dengan kain tipis seperti masker scuba dan buff. dr. Yuri mengatakan penggunaan masker kain setidaknya dua lapis. Tingkat resiko penularan Covid-19 akan semakin menurun apabila seseorang memakai masker yang tepat. (Pky.10/2/2021/MAW/foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook