Bupati Gunung Mas Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 01 Februari 2021 21:50, Dibaca 63 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas - Kegiatan Pencanangan Penerima Layanan Vaksinasi Covid-19 Secara Simbolis Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021 resmi dimulai hari ini Senin (1/2/2021) di UPT. Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menjadi orang pertama di Kabupaten Gunung Mas yang disuntik vaksin Covid-19. Bersama Bupati, juga dilakukan vaksinasi kepada anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Perangkat Daerah serta 20 Tenaga Kesehatan.

“Pandemi Covid-19 memberi tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya yang terlihat dari penurunan kinerja pada beberapa program kesehatan. Hal ini disebabkan prioritas pada penanggulangan pandemi Covid-19 serta adanya kekhawatiran masyarakat dan petugas terhadap penularan Covid-19,” ungkap Bupati.

(Baca Juga : Aplikasi Simda Next-G, Wujudkan Pengelolaan Keuangan Daerah yang Transparan, Akuntabel dan Partisipatif)

"Melalui kegiatan kick Off Vaksinasi Covid-19 yang dikuti oleh pimpinan dan beberapa pejabat daerah, saat ini saya mengajak seluruh tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik di Kabupaten Gunung Mas yang akan menerima layanan vaksin periode Januari-April 2021 serta seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas yang berusia 18-59 tahun pada saatnya nanti supaya tidak ragu untuk divaksin. Karena vaksin yang disiapkan Pemerintah sudah dilakukan uji klinik, dan diterbitkan Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sertifikasi Halal oleh MUI. Sehingga untuk kualitas, keamanan dan kehalalan Vaksin terjamin," ucapnya.

"Lanjutkan langkah terbaik yang harus kita lakukan adalah fokus untuk memutuskan mata rantai penularannya dengan cara yang tepat, cepat dan akurat. Strategi terbaiknya ialah dengan menempatkan masyarakat sebagai garda terdepan dengan perubahan perilaku sebagi ujung tombak," imbuhnya.

Sementara itu, lanjutnya, dokter, perawat dan tenaga medis yang jumlahnya terbatas merupakan benteng terakhir pengendalian Covid-19.

"Kita harus melibatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, untuk melakukan perubahan perilaku agar bisa memenangkan peperangan ini. Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas menjadi garda terdepan dengan menerapkan 3 Utama Perubahan Perilaku yaitu wajib menjaga Iman, Aman dan Imun. Iman dimaknai dengan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Aman diartikan sebagai kepatuhan totalitas terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dikenal dengan istilah 4M (memakai masker, menjaga jarak dan menghidari kerumanan, serta mencuci tangan pakai sabun), sedangkan Imun harus dijaga diantaranya dengan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kesehatan mental, rajin berolahraga, dan beristirahat yang cukup. Dalam konteks aman, perilaku wajib 4M harus menjadi kebiasaan seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas, tanpa terkecuali,” ucapnya saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas dr. Maria Efianti mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun dari media kompas, Indonesia negra tertinggi penambahan kasus Covid-19. Pandemi ini membawa dampak pada aspek politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Untuk itu dalam pengendalian pandemi ini, pemerintah menerapkan strategi : 3T, 3M dan Vaksin.

Perlu diketahui, data sebaran Covid-19 di Kabupaten Gunung Mas per 1 Februari 2021, jumlah konfirmasi 353 orang, sembuh/selesai isolasi 273 orang, dirawat 73 orang sedangkan yang meninggal dunia 7 orang.

“Jumlah ketersediaan vaksin tahap I di Kabupaten Gunung Mas saat ini, vaksin termin 1 dan 2 adalah 1880 (vial), yang menjadi prioritas penerima vaksin tahap I adalah tenaga kesehatan dan petugas layanan publik dengan total sebesar 70.000 orang,” ungkapnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook