Bupati Kobar Pimpin Rapat Orientasi Penyusunan RKPD Tahun 2022

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 26 Januari 2021 22:31, Dibaca 203 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan acara Orientasi Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2022 di Aula Bappeda, Selasa (26/01/2021).

Acara yang dipimpin langsung oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah ini dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua, Wakil Ketua I dan II DPRD Kobar, Sekda, Assisten, Staf Ahli dan Kepala SOPD serta Camat di Lingkup Pemkab Kobar. Kegiatan ini juga diikuti oleh pejabat eselon III dan IV secara virtual melalui video conference.

(Baca Juga : TP PKK Barito Utara Raih 4 Juara Pada Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah)

Dalam sambutannya, Bupati Kobar mengatakan bahwa Orientasi Penyusunan RKPD 2022 ini dimaksudkan untuk menyelaraskan persepsi dari semua elemen pemerintahan, guna menyamakan pandangan dan pemahaman terhadap arah kebijakan dan prioritas dalam perencanaan pembangunan tahun 2022.

"Diharapkan setelah mengikuti kegiatan orientasi ini, kita semua memiliki pemahaman yang sama untuk mensintesiskan data dan informasi potensi daerah, menganalisis dan menginterpretasikannya secara terstruktur dalam penyusunan rencana pembangunan daerah agar selaras dengan tujuan dan target RPJMD, Renstra SKPD, pemenuhan SPM, program/target nasional dan provinsi serta tujuan SDGs," kata Hj Nurhidayah.

Bupati Hj Nurhidayah menjelaskan bahwa RKPD Tahun 2022 disusun dengan tema ‘Stabilisasi Kemandirian Perekonomian Daerah disertai dengan Penurunan Kesenjangan dan Peningkatan IPM Kotawaringin Barat’ yang merupakan tahun terakhir periode RPJMD Kabupaten Kotawaringin Barat 2017-2022. Menurut Hj Nurhidayah bahwa tema pembangunan daerah ini searah dengan visi pembangunan nasional dalam RPJMN 2020-2024 yaitu ‘Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong.

"Pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh tatanan kehidupan kita, sehingga mau tidak mau kita wajib bertransformasi dan berinovasi sebagai bentuk adaptasi terhadap perubahan agar dapat tetap bertahan. Beberapa bidang yang perlu menjadi perhatian kita antara lain bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata dan infrastruktur,” ujar Hj Nurhidayah.

Di akhir sambutannya, Bupati Hj Nurhidayah mengajak seluruh elemen pemerintahan merapatkan barisan, berkolaborasi secara sinergis sesuai peran dan kapasitas masing-masing untuk mencapai target-target pembangunan yang telah disepakati.

“Keberhasilan pembangunan Kotawaringin Barat merupakan keberhasilan kolektif dari seluruh level. Oleh karena itu kepada semua pihak mari kita tingkatkan peran aktif dalam proses perencanaan, mengawal pelaksanaan, dan monitoring pada setiap aktivitas pembangunan agar seluruh hal yang kita rencanakan dapat terlaksana dengan capaian yang terbaik," tutup Hj Nurhidayah. (humas diskominfo kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook