Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kecamatan Jekan Raya Palangka Raya

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 26 Januari 2021 12:48, Dibaca 290 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengumumkan bahwa saat ini masih ada kasus aktif Corona Virus Disease (Covid-19). Pasien yang sedang terpapar Covid-19 tercatat sudah mencapai 11.359 kasus dan 311 kematian.

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng mengeluarkan data perkembangan terbaru kasus Covid-19 di Kalteng, Minggu (25/1/2021) Pukul 15.00 WIB. Berdasarkan data yang dirilis oleh Media Center Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng melakukan upaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi, salah satu sasarannya adalah lingkungan perumahan warga masyarakat Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya.

(Baca Juga : Perekonomian Masyarakat di Masa Pandemi Bisa Membaik dengan Taat Prokes)

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng H. Darliansjah yang diwakili Koordinator Bidang Perubahan Perilaku Megur menyampaikan, “Sebagai upaya pencegahan terjadinya penyebaran dan penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah melakukan penyemprotan cairan disinfektan,“ ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi, Selasa (26/1/2021).

“Dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi tersebut, adanya permintaan dari warga masyarakat yang meminta untuk dilakukan penyemprotan di daerah lingkungannya, sehubungan adanya dari beberapa warga berdasarkan dari hasil tes PCR terkonfirmasi positif Covid-19,” sambungnya.

Saat ditemui oleh Tim Informasi dan Publikasi, warga Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Eko Prianto menyampaikan, “Sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 lebih lanjut yaitu menggiatkan masyarakat mulai dari tingkat RT/RW untuk patuh dan taat terhadap protokol kesehatan diantaranya wajib 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan). Selain itu RT juga berperan aktif menginformasikan warganya apabila menunjukkan gejala-gejala terindikasi Covid-19 agar segera ditangani oleh medis Puskesmas,” ucapnya.

“Ada juga upaya pencegahan yang dilakukan secara mandiri, yaitu melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar lingkup rumah. Agar imun tubuh tetap terjaga setiap hari dilakukan senam, makan makanan kaya akan gizi seperti bubur kacang hijau, ubi rebus, pisang rebus, dll. Selain itu ada juga upaya dan kiat-kiat menjaga imun tubuh agar tetap bugar dan sehat. Dalam menjalani rutinitas padat di tengah pandemi Covid-19 ini, yang saya lakukan berolahraga salah satunya jalan kaki minimal 15 menit setiap hari, istirahat yang cukup, rutin minum air hangat bisa juga dicampur dengan jeruk nipis dan dicampur sedikit madu, dan bisa juga minum rebusan air herbal akar khas Dayak menyesuaikan kebutuhan secara mandiri,” ucapnya.

Eko Prianto mengucapkan terima kasih kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng yang cepat tanggap. "Semoga dengan disemprotkannya cairan disinfektan ini bisa mencegah penyebaran Covid-19, semoga penyemprotan disinfektan tersebut bisa mengurangi rantai penyebaran corona virus Covid-19 di wilayah mereka yang terkena yang begitu masif, dan semoga pandemik corona virus ini bisa segera berlalu dan bisa segera pulih seperti sediakala,” tutupnya. (Pky.26/1/2021 AbR /foto/ Data:PusdalopsBPBPKKalteng).

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook