Pojok Baca Digital Segera Hadir di Bumi Tambun Bungai

Kontribusi dari Dispursip Kalteng, 21 Juli 2021 10:19, Dibaca 254 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng, Luqman Alhakim SP. M.,Si menyebut Dispursip Prov. Kalteng mendapatkan bantuan Pojok Baca Digital (Pocadi), Rabu (21/7/2021). Hal ini adalah upaya meningkatkan indeks literasi masyarakat guna mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing. Indeks literasi Indonesia menempati posisi ke-60 dari 61 negara yang disurvei. Artinya, Indonesia masih ketinggalan jauh mengenai literasi.

Saat ini Perpustakaan mengalami perubahan paradigma. Salah satu definisi Perpustakaan adalah tempat untuk menemukan solusi menghapus belenggu kebodohan dan kemiskinan masyarakat. Membaca dan perpustakaan menjadi cara untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan.

(Baca Juga : Dislutkan Prov. Kalteng Dukung Peningkatan Peran Petani-Nelayan Kalteng)

Program bantuan Pocadi merupakan salah satu kegiatan prioritas nasional di bidang Perpustakaan. Pocadi adalah sebuah konsep tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak, buku digital (ebook) dan bahan bacaan lainnya. Adapun bentuk program pengembangan Pocadi ini yaitu dengan memberikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi serta koleksi yang ditempatkan di pusat keramaian atau titik kumpul masyarakat di daerah.

Hadirnya Pocadi pada masyarakat diharapkan dapat menjadi layanan ekstensi dari Perpustakaan umum yang dapat diakses oleh masyarakat di titik-titik keramaian. Selain itu, fungsi lainnya juga menjadi tempat berkumpul, berdiskusi, pelatihan dan pemanfaatan lainnya. Diharapkan dengan adanya Pocadi, masyarakat dapat memiliki tempat mudah untuk mengakses Perpustakaan di keramaian dan sebagai ruang terbuka untuk masyarakat belajar serta mengisi waktunya.

Pocadi direncanakan bisa digunakan masyarakat Kalteng pada September mendatang. Untuk lokasinya akan ditempatkan di Kompleks Kantor Gubernur Kalteng Jalan RTA Milono KM.1, Palangka Raya. (Mega Asri Lestari) 

Dispursip Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook