Deputi Penanganan Darurat BNPB Bangga Terhadap Relawan Dapur Umum Pemprov Kalteng

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 25 Januari 2021 14:54, Dibaca 231 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Keberangkatan tim relawan dapur umum Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menuju Kota Palangka Raya bertolak sekitar pukul 02.00 WITA dari halaman kantor BPBD Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru. Tim relawan dapur umum tersebut tiba di Palangka Raya pada pukul 08.30 WIB dan sebelum memasuki halaman Pusdalops Kalteng tim relawan dapur umum disemprot cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi oleh tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di halaman Pusdalops Kalteng, Senin (25/1/2021).

Plt. Deputi Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir. Dody Ruswandi, MSCE menyampaikan, “Kami bangga melihat rekan-rekan tim relawan dapur umum Pemprov Kalteng semua kembali dari Kalsel, dalam melaksanakan tugas kemanusiaan untuk membantu teman-teman yang ada di Kalsel,” ucap Ir. Dody Ruswandi, MSCE. 

(Baca Juga : Karyawan dan Karyawati Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah Ikuti Rapid Test)


“Seandainya nanti apabila ada bencana besar di kota lain, tim yang ada ini siap untuk membantu ke sana apabila dibutuhkan. Tugas kemanusiaan ini harus kita pertahankan terus semangatnya. Tadi ada penghargaan dari Walikota Banjarbaru dan Bupati Banjar, kapan perlu nanti akan ada juga penghargaan dari BNPB,“ sambung Ir. Dody Ruswandi, MSCE. 

“Yang perlu kita ingat bahwa kali ini kita berbeda dalam hal menangani bencana, nantinya apabila ada kesempatan ke daerah lain kita akan siap, terorganisir dan kita punya kompetensi semua dalam menangani bencana dan bukan hanya datang-datang saja. Saya yakin tim yang ada di Kalteng ini telah mempunyai kompetensi yang cukup untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada tim lain. Dari tim relawan yang  ada ini memang berbeda, semua sudah mempunyai kompetensi khususnya dalam membantu dapur umum, yang bisa menyajikan makanan kurang lebih 12.000 untuk kebutuhan makanan untuk para korban bencana banjir yang terjadi di Prov Kalsel. Hal ini harus kita tingkatkan terus, tetap profesional dan nanti akan sama-sama membantu dalam penanganan bencana dan mudah-mudahan tim relawan dapur umum ini akan menjadi andalan untuk kita semua,” tutup Ir. Dody Ruswandi, MSCE. 


Di kesempatan yang sama, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah menyampaikan, “Pemerintah Prov Kalteng memberikan dukungan dan bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir di Prov Kalsel dalam bentuk tim relawan dapur umum, dan telah bekerja dengan baik. Saya selalu memantau dan saya sepakat bahwa tim kita harus kita dorong terus menjadi contoh relawan nasional,” ucap H. Darliansjah. 

“Saya memberikan apresiasi secara pribadi karena tim relawan dapur umum Pemprov Kalteng hampir tidak tidur, karena bekerja dari jam 11 malam sudah melakukan persiapan makan paginya untuk masyarakat terdampak banjir, kemudian lanjut sampai mendistribusikannya. Kemudian lanjut lagi ada yang bertugas belanja logistik untuk persiapan makan sore dan makan malam, ini luar biasa. Saya berpesan bahwa bekerja dalam tim, kata kuncinya adalah mencintai pekerjaan, kekurangan teman harus kita tutup menjadi sebuah kekuatan tim, kelebihan dari teman kita transfer menjadi kekuatan tim,” sambung H. Darliansjah. 

“Pasca tugas ini tim relawan dapur umum untuk selanjutnya harus tetap menjaga silaturahmi agar ke depannya jika dibutuhkan akan siap membantu dan terus meningkatkan kerja keras karena semua tugas sudah terbagi dan saya bangga tim relawan dapur umum ikhlas artinya berkorban meninggalkan keluarganya dan tuntas dalam bekerja sampai akhirnya dapat kembali ke Prov Kalteng dengan selamat,” tutup H. Darliansjah. (Pky.25/1/2021/MAW/foto/Data:PusdalopsBPBPKKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook