Pelepasan Tim Relawan ke Provinsi Kalimantan Selatan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 18 Januari 2021 06:43, Dibaca 336 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Keberangkatan rombongan tim relawan menuju Provinsi Kalimantan Selatan dalam misi kemanusiaan dilepas secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Prov Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P. “Kita melepaskan tim relawan kita dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, sesuai dengan arahan Bapak Gubernur Kalteng dalam rangka untuk membantu penanggulangan bencana banjir di Kalsel,” ucap Fahrizal Fitri Minggu (17/1/2021) siang di halaman Pusdalops PB Prov. Kalteng. 

Dalam arahannya, Sekretaris Daerah menyampaikan, ”Pemerintah Prov. Kalteng mendukung dalam penanganan bencana banjir yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan dengan membawa paket logistik dan sandang sebanyak 2.300 paket dan juga dukungan berupa dana kedaruratan. Tim yang diberangkatkan pada hari ini membawa 2 unit mobil dapur umum, 2 unit mobil tangki air bersih, 1 unit mobil serbaguna, mobil operasional, tenda, palbed, lampu lapangan (genset) yang ditempatkan posko pengungsian di Kabupaten Banjar, Martapura dan Kota Banjar Baru,” ucapnya. 

(Baca Juga : Dislutkan Prov Kalteng Terima Kunjungan PT. Asuransi Sinar Mas Cabang Palangka Raya)

Di kesempatan yang sama, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah menyampaikan, “Tim relawan darurat banjir Prov. Kalsel terdiri dari gabungan Relawan Muda Sugianto Sabran, TRC Pusdalops BPBPK Prov Kalteng, Relawan NU, Relawan PMI, Relawan TSAK Bukit Tunggal, Relawan MPA Sabaru, Relawan Balakar 620, Relawan Balakar 654, TNI dan Polri untuk membantu korban banjir di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap H.Darliansjah.

“Pada hari Jum`at 15 Januari 2021 yang lalu, kita juga sudah melaksanakan Rapat Koordinasi Kesiapan Menghadapi Ancaman/Bahaya Banjir, Banjir Bandang, Cuaca Ekstrem dan Tanah Longsor Tahun 2021 dengan Kabupaten dan Kota, BMKG, Dinsos, dan Dinas Kesehatan untuk melakukan tindakan-tindakan strategi dalam rangka penanggulangan potensi bencana di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk menyiapkan dana anggaran dan personil bahkan sudah berkomitmen akan menetapkan status daerah terkait dengan bencana. Ketika status siaga darurat bencana ditetapkan, sudah pasti akan memudahkan fungsi koordinasi dan fungsi komando dalam penanganan penanggulangan bencana,” sambung H.Darliansjah. 

“Berdasarkan paparan dari BMKG pada acara rapat kemaren, curah hujan yang terjadi di Kalteng rata-rata rendah, tetapi kita sudah berkomitmen setiap saat akan diupdate prakiraan cuaca, melakukan analisis dan kajian cepat terkait pantauan cuara dari BMKG,” tutur H.Darliansjah. (Pky.17/1/2021 DewiS /foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook