Penerapan Protokol Kesehatan Anggota Posko Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 06 Januari 2021 14:53, Dibaca 444 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya -  Sikap disiplin diutamakan untuk memproteksi diri agar tidak terpapar oleh Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pencegahan utama ada dari dalam diri kita masing-masing, terutama dalam menerapkan protokol  kesehatan.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah melalui Anggota Bidang Perubahan Perilaku Noor Aswad menyampaikan, “Setiap Anggota Posko Covid-19 harus terbiasa disiplin, terlebih lagi pada saat pandemi Covid-19 saat ini. Setiap rekan kerja selalu mengingatkan dan diingatkan agar tidak lengah dan lalai dalam menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi, Rabu (6/1/2021). 

(Baca Juga : Perkembangan Tren Kasus Covid-19 di Prov. Kalteng )

“Selama terbiasa menerapkan protokol kesehatan tertib disiplin, maka Insyaallah dihindarkan dari Covid-19," ucapnya lagi.

“Sudah hampir sepuluh bulan lebih semenjak dari bulan Maret 2020 dan sampai hari ini di bulan Januari 2021, semua anggota posko alhamdullilah semuanya sehat dan belum ada laporan adanya anggota posko Covid-19 yang terpapar Covid-19, baik dari anggota Pusdalops-PB dan juga dari anggota relawan yang tergabung dalam posko Covid-19 yang terpapar Covid-19,” ujar Noor Aswad.


“Kuncinya adalah tertib mendisiplinkan diri, setiap anggota posko Covid-19 mulai dari berangkat dari rumah sudah menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker. Setelah sampai di tempat bekerja menjaga jarak dan sering-sering mencuci tangan, begitu juga saat melaksanakan aktivitas di lapangan. Kesehatan, Keselamatan Kerja (K3) selalu diingatkan untuk diterapkan oleh masing-masing regu, mulai dari regu membagikan cairan disinfektan, regu pengisian tandon air cuci tangan, regu penyemprotan cairan disinfektan dan regu membagikan masker,” lanjut Noor Aswad.

“Setiap selesai melaksanakan kegiatan lapangan anggota posko wajib mencuci tangan dan mengganti masker. Semua Alat Pelindung Diri (APD) sekali pakai berupa sarung tangan karet dan baju hazmat segera dimusnahkan. Selain menjaga dan menerapkan protokol kesehatan, ada juga upaya untuk menambah imun tubuh dengan cara menjaga kesehatan tubuh, terutama mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup dan menghindari begadang,” sambungnya.

“Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, anggota posko Covid-19 dianjurkan minum jamu sehat Kunyit Temulawak dan juga minum rebusan air Daun Sungkai. Rebusan air Daun Sungkai merupakan ramuan khas Kalimantan Tengah yang dipercaya dapat menjaga kebugaran tubuh. Untuk cara penyajiannya, Daun Sungkai cukup direbus dengan air setelah itu disajikan untuk diminum secara bersama-sama oleh anggota posko. Cara ini dilakukan minimal dalam seminggu sekali, diutamakan minum pada saat pagi hari sebelum mereka beraktivitas ke lapangan, dan Alhamdullilah sampai saat ini semua anggota posko sehat selalu,” tuturnya. (Pky.5/1/2021 DewiS /foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook