95 Rumah Di Panamas Dapat Bantuan Meter Air

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 12 Oktober 2018 10:31, Dibaca 361 kali.


MMCKalteng - Kelurahan Panamas merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas yang belum mendapatkan jaringan Air bersih dari PDAM. Namun demikian upaya untuk ketersediaan sarana air bersih bagi masyarakat terus dilakukan, pada Tahn 2015 telah dibangun sarana fisik Penyediaan air bersih Program Pamsimas untuk memberikan fasilitas air minum atau air bersih bagi masyarakat. Sarana Air bersih tersebut dikelola oleh BP-SPAMS Kelurahan Panamas yang di ketuai oleh Aspiani.  

Lurah Panamas Slamet Riyadi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya membangun jaringan air bersih ini di Kelurahan Panamas. "Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya membangun jaringan air bersih ini di Kelurahan Panamas yang mana sangat membantu masyarakat," ucapnya.

(Baca Juga : Kelompok Tani Bina Makmur Dapat Bantuan)

Tahun 2018 ini pemerintah Kabupaten Kapuas melaui Dinas Pekerjaan Umum PRPKP Bidang Cipta Karya melakukan peningkatan fasilitas bangunan sarana air bersih tersebut dengan membangun jaringan air yang semula menghasilkan 1 lt/detik menjadi 2 Lt /detik,  melalui program kegiatan peningkatan kapasitas Spam Kelurahan Panamas dari 1 Lt/detik menjadi 2 Lt/detik. Dengan adanya program kegiatan ini sebanyak 95 rumah masyarakat kelurahan Panamas akan mendapatkan sambungan meter air. Kelurahan Panamas terdiri dari 12 RT dan  502 KK.  Jangkauan pipa distribusi yang tersedia saat ini baru RT 01 sampai RT. 05  sepanjang + 1.470 m, sehingga masih 7 RT  yang belum mendapatkan jaringan distribusi air atau sepanjang + 3.000 m, yang mana saat ini sedang dilaksanakan pengeboran sumber air baku dan penyambungan meter air ke rumah-rumah masyarakat.

Lebih lanjut Lurah Panamas juga berharapan agar pekerjaan tersebut dapat terselesaikan sampai air benar-benar mengalir ke rumah masyarakat dan dapat memberikan dampak positif yang nantinya akan menjadi bagian dari upaya penunjang peningkatan kesejahteraan lainnya diantaranya bidang kesehatan lingkungan masyarakat seperti Gerakan Buang Air Besar Sembarangan Nol (BASNO) dan meminta kepada pihak terkait untuk dapat memberikan pelatihan kepada pengelola BP-SPAMS guna peningkatan kapasitas pengelola BP-SPAMS. "Kami juga memohon kepada pihak terkait Dinas PU, BPMD, Dinas Perindagkop UKM, dan PDAM Kabupaten Kapuas dapat memberikan pelatihan kepada pengelola BP-SPAMS guna peningkatan kapasitas pengelola BP-SPAMS. Kedepan semoga distribusi air bersih ini dapat dinikmati seluruh masyarakat kelurahan Panamas serta bisa dikembangkan ke Kelurahan Murung Keramat dan Desa Pangkalan Rekan," ungkap lurah Panamas. (kelpm/hmskominfo)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook