Upaya Pencegahan oleh Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah Tahun 2020

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 25 Desember 2020 16:09, Dibaca 463 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Upaya pencegahan yang dilaksanakan oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah Tahun 2020 adalah melakukan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi, pendistribusian cairan disinfektan, pendistribusian air cuci tangan dan siaran keliling penyadartahuan dengan membagikan masker di area Kota Palangka Raya. Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 H. Darliansjah melalui Anggota Bidang Perubahan Perilaku Noor Aswad menyampaikan, “Diinformasikan bahwa cairan disinfektan yang dibagikan kepada masyarakat bahan dasarnya berupa sabun, yang takaran dan komposisi cairan sesuai dengan rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO), jadi aman apabila terkena kulit dan tidak menimbulkan rasa gatal dan perih,” ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi, Jumat (25/12/2020). 

“Selanjutnya cairan disinfektan yang dipergunakan sebagai bahan untuk melakukan penyemprotan sterilisasi dan disinfeksi adalah bahan yang sama, hanya saja yang membedakan kalau cairan disinfektan yang dibagikan ke masyarakat, masyarakat sendiri yang melakukan penyemprotan di rumah dan lingkungan sekitarnya, sedangkan penyemprotan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi dilakukan oleh tim Satgas Covid-19. Apabila ada masyarakat yang meminta untuk melakukan penyemprotan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi di rumah dan lingkungannya pun dilayani oleh petugas dari Satgas,” sambungnya.

(Baca Juga : Pencanangan Pasar Kahayan Tangguh, Kawasan Wajib Pakai Masker di Kota Palangka Raya)


Saat ditemui oleh Tim Informasi dan Publikasi, salah satu warga di Jalan Jati, Kecamatan Pahandut, Kelurahan Panarung Rabiatul Hasanah menyampaikan, ”Upaya pencegahan penularan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah yang sudah berjalan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan lagi, sampai pemerintah pusat menyatakan bahwa covid-19 sudah selesai secara nasional,” ucapnya. 

Sementara itu, salah satu warga di Jalan Karet, Kecamatan Pahandut, Kelurahan Panarung Ana yang merupakan pedagang sembako menambahkan, ”Upaya pencegahan berupa penyadartahuan masyarakat tentang Covid-19 dengan cara membagikan masker dan penyadartahuan tentang protokol kesehatan sangat membantu sekali, dimana saya lihat masih adanya masyarakat yang lalai tidak menggunakan masker dan Covid-19 itu dianggap hal yang biasa. Dengan adanya kegiatan berupa penyadartahuan ini, masyarakat lebih memahami dan dapat berperan aktif mengikuti anjuran dari pemerintah tersebut,” tuturnya. (Pky.25/12/2020 DewiS /foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook