Tempatkan 70 Persen Tenaga Kerja Lokal di Program Food Estate

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 21 Desember 2020 08:04, Dibaca 415 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng), terutama yang berada di kawasan Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dan Kapuas. Anggota DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan (Dapil) V, H Maruadi mengusulkan agar penyerapan tenaga kerja lokal pada program Nasional tersebut bisa mencapai 70 persen.

Hal ini disampaikannya ketika dibincangi, Minggu (20/12/2020). Ia pun berharap agar masyarakat lokal yang ada di sekitar wilayah Food Estate, dapat turut serta mengelola program ketahanan pangan nasional dari pemerintah Republik Indonesia (RI) tersebut, bukan hanya sekedar menjadi penonton saja.

(Baca Juga : Keberpihakan kepada Peladang Berada di Tangan Pemda)

“Kita tentu harapannya masyarakat di sana bisa terserap sebagai tenaga kerja di Food Estate itu, ya kira-kira 70 persen lah. Kalau hanya jadi penonton saja, tentu sangat disayangkan, karena mereka di sana itu lebih tahu pasti kondisi lahan yang digarap,” ujar Maruadi.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalteng ini juga mengusulkan kepada pemerintah, agar dapat memberikan bantuan excavator mini kepada masyarakat petani setempat. Hal ini mengingat bahwa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) tersebut, sangat dibutuhkan oleh para petani dalam menggarap lahan mereka.

“Kita juga mengharapkan pemerintah memberikan bantuan excavator mini untuk petani di sana. Karena untuk harga sewa alsintan itu sendiri cukup mahal yakni Rp400 ribu per jam nya. Hal ini tentu sangat memberatkan masyarakat petani kita di sana. Ini hendaknya dapat menjadi perhatian pemerintah,” tukasnya.

Dirinya menuturkan, penyerapan tenaga lokal dan juga pemberian bantuan alsintan tersebut merupakan hal yang penting guna menciptakan lapangan kerja bagi warga lokal, khususnya di wilayah Food Estate. Oleh karena itu, dirinya berharap usulan-usulan dari pihaknya itu bisa mendapat tindak lanjut dari pemerintah. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook